• 5

Hajar Thailand, Timnas U-19 Segel Juara Tiga

Hajar Thailand, Timnas U-19 Segel Juara Tiga


Timnas U-19

Timnas U-19 di Stadion Delta Sidoarjo (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Tim Nasional (Timmas) Indonesai U-19 berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Thailand U-19 dalam perebutan tempat ketiga Piala AFF U-19.
Berlaga di Stadion Delta Sidoarjo, Sabtu (14/7/2018) petang WIB, Timnas U-19 unggul via gol Feby Eka Putra (35') dan Syahrian Abimanyu (82'). Sementara, Thailand hanya mampu memperkecil ketertinggalan via Matee Sarakum (85').
Setelah tertinggal di babak pertama, Thailand langsung menggempur pertahanan Timnas U-19. Belum lagi laga babak kedua berjalan dua menit, penjaga gawang M. Aqil Savik sudah harus bekerja keras dengan menepis sepakan di kotak penalti, Matee Serakum.
Selepas serangan kejut di awak babak, Timnas U-19 coba merespons dengan serangan balik. Memasuki menit ke-59 Witan Sulaeman yang menerima umpan Todd Ferre dari lini tengah berhasil menusuk dan melepaskan tembakan. Akan tetapi sepakan percobaan penggawa asal Palu ini masih bisa ditepis Nopphon Lakhonpon.
Selepas peluang Witan, pelatih Indra Sjafri melakukan penyegaran dengan menarik Feby Eka dan memasukkan Egy Maulana Vikri. Masuknya Egy pada menit ke-62 sempat dielu-elukan oleh penonton yang menonton hadir di stadion dengan meneriaki namanya.

Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri di semifinal AFF U-19 2018. (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Masuknya penggawa Lechia Gdansk itu jelas bak angin segar. Bahkan Timnas U-19 yang semula memilih melakukan serangan balik malah keluar menyerang via sisi sayap Timnas. Dan, dari sana lahir dua peluang via sepak Rifad Marasabessy dan Witan Sulaeman. Akan tetapi, apiknya Nophon di bawah mistar Thailand berhasil mematahkan serangan mereka.
Selepas peluang Witan dan Rifad, Thailand yang tertinggal satu gol coba kembali bermain menekan. Akan tetapi, skema serangan balik dari Timnas U-19 nyatanya mampu menyulitkan Thailand dan memaksa bermain kasar.
Imbasnya saat laga berusia 76 menit M. Rafli Mursalim harus mendapat perawatan karena cedera usai berbenturan dengan pemain belakang Thailand. Perannya digantikan Rafi Syaharil dan membuat Indra memasang Egy sebagai penyerang tunggal.
Bergesernya Egy sempat menghadirkan peluang pada menit ke-80. Mendapat ruang di sisi kiri, pemain Asam Kumbang itu melepaskan tembakan. Namun, urung berbuah gol karena sepaknya menjauh.

Timnas U-19

Susunan starter Timnas Indonesia U-19 untuk laga melawan Malaysia. (Foto: Dok. PSSI)
Meski gagal mencetak gol, Egy berperan dalam gol kedua Timnas U-19 di laga kali ini dua menit berselang. Memberikan umpan menusuk kepada Syahrian, dengan kaki kirinya penggawa Sriwijaya itu berhasil menaruh bola tanpa mampu dijangkau penjaga gawang Thailand. Skor 2-0 pada menit ke-82.
Unggul dua gol nyatanya hanya bertahan tiga menit. Pasalnya, Thailand mampu memperkecil ketertinggalan via sundulan Matee Sarakum. Mendapat umpan silang dari sisi kanan, pemain nomor 9 ini berhasil menyodorkan bola. Skor 2-1.
Selepas gol, Thailand coba terus menggempur pertahanan Timnas U-19. Beberapa peluang sempat mereka ciptakan namun berujung nihil.
Sementara, Timmas U-19 yang memilih untuk menerapkan serangan balik sejatinya mampu menambah angka Via Egy akan tetapi hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhrnya babak kedua skor tak berubah 2-1.


Sepak Bola

presentation
500

Baca Lainnya