Pencarian populer

Hansamu Yama: Masa Mau Kalah Terus Lawan Thailand?

Timnas Indonesia vs Bahrain. (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)

Bagi Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Thailand adalah salah satu batu sandungan terbesar untuk bisa berprestasi di pentas internasional.

Hitung saja sejak Piala AFF 2016. Dalam tiga pertemuan di pentas tersebut, Timnas Indonesia menelan dua kekalahan dari Thailand. Memang ada sebuah kemenangan 2-1 pada partai final di Stadion Pakansari, tetapi menjadi sia-sia karena laga kedua di Stadion Rajamangala berakhir dengan kemenangan 2-0 untuk tuan rumah.

Kemudian pada 2017, Indonesia bersua Thailand dua kali di level junior. Pertama di Kualifikasi Piala Asia U-23 2018, kedua negara bermain imbang 0-0. Adapun di babak grup SEA Games 2017, duel kembali berakhir tanpa pemenang, kali ini dengan skor 1-1.

Puasa kemenangan atas Thailand masih berlanjut pada 2018. Teraktual, Timnas U-23 kalah 1-2 dari Thailand pada uji tanding di Stadion PTIK, Kamis (31/5/2018) malam WIB.

Babak pertama Indonesia U-23 vs Thailand U-23. (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)

Masih ada kesempatan kedua buat 'Garuda Muda'. Sebab, pasukan Luis Milla kembali menjamu Thailand di Stadion Pakansari, Minggu (3/6/2018). Dan, bagi kapten Hansamu Yama, kemenangan adalah harga mati meski statusnya sekadar persahabatan.

"Kami harus menang. Tidak ada kata lain. Masa mau kalah terus kalau melawan mereka?" tutur Hansamu setelah menjalani sesi latihan di Lapangan ABC, Senayan, Jumat (1/6) malam.

Timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Thailand di leg 1 final PIala AFF 2016 (ilustrasi). (Foto: Aditia Noviansyah )

Wajarlah Hansamu bertutur demikian. Dia terlibat aktif dalam duel-duel kontra Thailand sejak Piala AFF 2016. Bahkan, dalam partai final di Stadion Pakansari, dia sempat mencetak satu gol untuk memenangkan Indonesia dengan skor 2-1.

Untuk mengulang capaian manis dua tahun silam, Hansamu pun menyuarakan perbaikan di kubu timnas. Terlebih lagi, Asian Games 2018 yang menjadi sasaran akhir sudah semakin dekat.

Suasana latihan timnas u23 (Foto: Fitra Andrianto/kumparan)

"Apa yang dibenahi agar bisa menang? Semuanya harus dibenahi dari setiap lini. Karena kami memang ingin mendapatkan kemenangan lawan Thailand di pertandingan nanti," kata pemain belakang Barito Putera ini.

Hansamu sendiri kemungkinan besar akan bermain pada pertandingan besok. Karena diistirahatkan dalam laga di Stadion PTIK, dia memiliki kondisi lebih bugar dibandingkan Bagas Adi dan Victor Igbonefo.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Senin,20/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20