kumparan
22 Mar 2019 16:12 WIB

Hazard Yakin Tielemans Bisa Menjadi Masa Depan Belgia

Selebrasi gol pertama Youri Tielemans sebagai pemain Timnas Belgia. Foto: JOHN THYS / AFP
Benar adanya Eden Hazard menciptakan dwigol saat Timnas Belgia merengkuh kemenangan 3-1 atas Timnas Rusia di King Baudoin Stadium, Jumat (22/3/2019) dini hari WIB. Namun, dalam wawancara selepas laga, Hazard menuturkan bahwa dia bukan satu-satunya yang berpendar.
Eks penyerang LOSC Lille itu menyadari bahwa penampilan Youri Tielemans di pertandingan pertama Grup I kualifikasi Piala Eropa 2020 itu juga perlu disorot. Hazard memilih menjadikan gol Tielemans pada menit ke-14 sebagai highlight dari percakapannya.
“Saya menikmati kemenangan ini, mengingat saya mencetak gol. Kami memang tak sepenuhnya tampil meyakinkan laga itu, tetapi kami mampu terus menciptakan dan menyelesaikan kans,” tutur Hazard, yang merupakan kapten Belgia, sebagaimana dilansir Goal International.
“Untuk Tielemans, selamat sudah bisa mencetak gol yang fantastis. Saya yakin dia akan menjadi pemain hebat untuk Belgia di masa mendatang,” lanjutnya.
Wajar jika Tielemans mendapatkan pujian. Karena perlu diakui bahwa mencetak gol ke gawang Rusia pada laga ini begitu sulit. Ketika diserang, Yuri Zhirkov dan kawan-kawan menumpuk di kotak penalti dengan begitu disiplin. Dengan ruang tembak minim, hanya 6 dari total 15 tembakan Belgia yang tepat sasaran hingga laga bubar.
Proses terciptanya gol pertama Youri Tielemans sebagai pemain Timnas Belgia. Foto: JOHN THYS / AFP
Dalam proses golnya, Tielemans menunjukkan kejelian melihat ruang yang begitu sempit. Skema gol ini dimulai dari langkah Timothy Castagne melepas umpan pendek kepada gelandang kelahiran 1997 itu. Ketika menerima bola, Tielemans sadar ada ruang tembak yang besar.
Ruang tersebut muncul karena bek-bek Rusia sibuk menjaga Dries Mertens dan Michy Batshuayi, yang terus bergerak di kotak penalti. Dari situ, Tielemans tak ragu lagi untuk melancarkan tembakan lengser dari luar kotak penalti. Para pemain Rusia kaget, dan gol pun tercipta.
Gol ini terasa sangat spesial bagi Tielemans, karena inilah yang pertama darinya setelah menjalani 20 penampilan bersama Belgia. Sehingga, menjadi wajar jika dia merasa bangga dengan kerja kerasnya yang telah terbayar.
“Saya sangat bahagia dengan gol itu karena muncul rasa bangga yang berlimpah. Pertandingan itu sulit, tetapi kami mampu mengatasinya. Dengan kualitas tim ini, kami harus dan ingin memenangi setiap pertandingan. Untuk itu, kami harus tampil dengan penuh konsentrasi,” ucap Tielemans.
Penampilan Tielemans di laga tersebut tak hanya semata gol. Tampil sebagai poros ganda dengan Leander Dendoncker dalam skema 3-4-3, gelandang Leicester City itu mampu menjaga stabilitas lini tengah ketika menyerang dan diserang. Jika mampu menjaga performanya, bisa saja perkataan Hazard benar terwujud.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan