kumparan
18 Jul 2018 2:01 WIB

Heimir Halgrimsson Mundur dari Timnas Islandia

Mantan pelatih Timnas Islandia, Heimir Halgrimsson. (Foto: AFP/Jonathan Nackstrand)
Setelah Jorge Sampaoli mundur dari jabatan pelatih Tim Nasional (Timnas) Argentina, kali ini giliran koleganya, Heimir Halgrimsson, yang melakukan hal serupa. Pada Selasa (17/7/2018), Halgrimsson resmi mengundurkan diri dari jabatan pelatih Timnas Islandia.
ADVERTISEMENT
Bagi persepakbolaan Islandia, Halgrimsson adalah pencatat sejarah. Pada 2016 lalu, ketika masih didampingi Lars Lagerback sebagai pelatih Timnas, pria 51 tahun tersebut mampu mengantarkan Islandia melaju sampai perempat final Piala Eropa.
Dua tahun berselang, sejarah kembali dibukukan Halgrimsson. Pria yang juga berprofesi sebagai dokter gigi itu sukses membawa negaranya lolos ke Piala Dunia untuk kali pertama. Islandia pun menjadi negara dengan populasi terkecil yang pernah merasakan putaran final Piala Dunia.
Sayangnya, kejutan di Piala Eropa 2016 itu tak mampu kembali diulangi Islandia di Piala Dunia 2018. Tergabung bersama Argentina, Nigeria, dan Kroasia di Grup D, Gylfi Sigurdsson dkk. harus pulang lebih awal setelah gagal lolos ke fase gugur.
Pada pertandingan pertama, Islandia memang sukses membuat kejutan dengan menahan imbang Argentina 1-1. Akan tetapi, pada dua pertandingan berikutnya mereka selalu menelan kekalahan. Dari Nigeria, mereka kalah 0-2. Sementara, dari Kroasia mereka takluk 1-2.
ADVERTISEMENT
Halgrimsson sendiri sebelumnya sudah tujuh tahun menangani Timnas Islandia. Saat pertama kali ditunjuk, statusnya masih merupakan asisten dari Lagerback. Namun, perlahan-lahan Halgrimsson mampu menyamai mentornya itu dengan menjadi pelatih bersama.
Pelatih Islandia, Heimir Hallgrimsson. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Sebelum menjadi pelatih, Halgrimsson adalah seorang pemain yang berkarier cukup lama di Liga Islandia. Melakoni debut pada 1986 untuk IBV, pria kelahiran Vestmannaeyjar itu pensiun 21 tahun kemudian bersama KFS. Di sela-sela kariernya sebagai pemain itu, Halgrimsson juga sudah menyambi menjadi pelatih. Dari 1993 s/d 2004, dia sudah beberapa kali menangani IBV, terutama untuk sektor putri.
Kabar mundurnya Halgrimsson ini sebetulnya sudah menyeruak setelah Islandia tersingkir dari Piala Dunia. Saat itu, Sigurdsson yang merupakan pemain bintang Islandia meminta agar pelatihnya ini bertahan. Akan tetapi, keputusan Halgrimsson sudah bulat dan kebersamaan indahnya dengan Our Boys pun harus berakhir.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·