Pencarian populer

Hierro Tak Butuh Ronaldo di Skuat Spanyol

Para pemain Portugal merayakan gol Ronaldo. (Foto: Reuters/Rafael Marchante)

Tidak bisa dimungkiri bahwa Cristiano Ronaldo adalah protagonis utama Tim Nasional (Timnas) Portugal saat bermain imbang 3-3 dengan Spanyol pada partai matchday pertama Grup B Piala Dunia 2018, Sabtu (16/6/2018) dini hari WIB.

Torehan hat-trick Ronaldo dalam laga di Stadion Fisht Stadium itu merupakan bukti sahih. Terutama gol ketiganya yang terjadi pada akhir laga dan menyelamatkan Selecao das Aquinas dari kekalahan.

Gol perdana Ronaldo tercipta pada menit keempat. Pelanggaran Nacho Fernandez kepada Ronaldo di kotak penalti membuat wasit Gialuca Rocchi menunjuk titik putih. Ronaldo maju sebagai algojo, kemudian mengecoh David De Gea.

Setelah skor sempat disamakan oleh Diego Costa pada menit ke-24, Ronaldo kembali membuat skor imbang. Kali ini, menjelang paruh pertama berakhir, tendangan kaki kiri Ronaldo dari luar kotak penalti tak bisa ditangkap dengan sempurna oleh De Gea. Bola yang keras menyusur tanah masuk ke gawang Spanyol usai membentur tangan De Gea.

Pada babak kedua, Spanyol malah berbalik unggul 3-2 berkat lesakan Diego Costa dan Nacho. Berkat tendangan bebas Ronaldo-lah, Portugal mengubah kedudukan menjadi 3-3 dan pulang dengan satu poin.

Kontribusi besar Ronaldo dalam laga ini turut diakui oleh pelatih Spanyol, Fernando Hierro. Bagi dia, Ronaldo adalah pemain langka yang bisa mengubah situasi seorang diri, seperti apa yang terjadi di Sochi.

"Ketika Anda bermain melawan pemain seperti Cristiano Ronaldo segala sesuatu bisa saja terjadi. Kami berhasil menguasai bola dengan baik, tetapi dengan adanya Ronaldo satu momen saja sudah mampu mengubah jalannya pertandingan," ucap Hierro seperti dilansir oleh situs resmi FIFA.

"Saya memiliki hubungan baik dengan Ronaldo, tetapi tentu saja tidak akan menukar siapa pun pemain di skuat Spanyol dengan dirinya," katanya menambahkan.

Fernando Hierro, pelatih anyar Timnas Spanyol. (Foto: Reuters)

Spanyol memang tidak membutuhkan Ronaldo melihat performa lini depan mereka saat melawan Portugal. Masih ada Diego Costa yang juga tampil tajam dengan torehan dwigol.

Gol-gol Costa lahir dari performa efektif. Dia hanya membutuhkan 2 tembakan ke arah gawang untuk menciptakannya dalam 77 menit penampilannya.

Sementara itu, Ronaldo juga memamerkan performa efisien dalam penampilan penuh di laga ini. Dia mencatatkan 3 tembakan tepat sasaran. Dengan kata lain, konversinya mencapai 100 persen, seperti Costa.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23