kumparan
16 Sep 2019 12:27 WIB

Hingga Pekan Kelima Premier League, Arsenal Sudah Menerima 96 Tembakan

Ekspresi para pemain Arsenal usai gawang mereka kebobolan oleh Watford Foto: DAVID KLEIN
Arsenal mesti kehilangan tiga angka yang sudah ada di depan mata. Berjumpa Watford dalam pekan kelima Premier League, Minggu (15/9/2019) malam WIB, The Gunners harus puas berbagi angka 2-2.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya, Arsenal bisa menang dalam pertandingan kali ini. Terlebih, pasukan Unai Emery unggul 2 gol lebih dulu di babak pertama lewat gol Pierre-Emerick Aubameyang pada menit ke-21 dan 32. Namun, keunggulan itu sirna pada babak kedua.
Watford berhasil membuat skor menjadi sama melalui Tom Cleverley (53) dan Roberto Pereyra (81). Kehilangan tiga angka membuat Arsenal gagal memperbaiki posisinya di papan klasemen. Kini, Granit Xhaka dan kolega duduk di posisi ketujuh dengan raihan delapan angka.
Arsenal memulai laga di Vicarage Road dengan sangat lamban. Malah, mereka cenderung tertekan lewat agresifnya permainan winger-winger Watford yang diisi Gerard Deulofeu dan Will Hughes.
WhoScored mencatat, Watford memenangi penguasaan bola dengan catatan 53% berbanding 47%. Tidak hanya itu, saking agresifnya, Watford berhasil melakukan 31 shots (tembakan) dengan 10 di antaranya mengarah ke gawang. Jumlah tersebut menjadi yang paling banyak diterima Arsenal sejak pencatatan statistik dimulai tahun 2003/04.
ADVERTISEMENT
Tragisnya, 16 shots yang dilakukan Watford sepanjang pertandingan dilakukan di dalam kotak penalti Arsenal. Itu berarti, para pemain belakang 'Gudang Peluru' membiarkan pemain Watford untuk masuk ke kotak penalti dan melakukan shots.
Tapi, buruknya pertahanan Arsenal bukan hanya di laga menghadapi Watford saja. Di awal-awal musim ini, Arsenal memang sering kali mendapat ancaman lebih banyak dari lawannya.
Menghadapi Newcastle United di laga perdana Premier League, ada 9 shots yang mengancam gawang Arsenal, sementara 'Meriam London' hanya bisa membuat 8 shots. Beruntung di pertandingan tersebut Arsenal bisa mencatatkan clean sheet.
Di laga kedua menghadapi Burnley, gawang Arsenal yang dikawal Bernd Leno mendapat 18 shots sepanjang 90 menit. Apa yang didapat Burnley lebih banyak dibanding Arsenal yang hanya bisa membuat 15 shots.
ADVERTISEMENT
Jumlah shots yang banyak juga didapat pertahanan Arsenal ketika bersua Liverpool. Mohamed Salah dan kolega berhasil membuat 25 shots yang tiga di antaranya berbuah gol. Liverpool pun menang dengan skor 3-1.
Hingga pekan kelima ini, Arsenal tercatat sudah menerima 96 shots. Catatan ini menjadi yang terbanyak di antara klub-klub yang bermain di lima liga top Eropa (Premier League, Serie A, La Liga, Ligue 1 & Bundesliga).
Lini belakang memang menjadi pekerjaan rumah yang belum bisa dibenahi oleh Unai Emery musim ini. Di pertandingan versus Watford saja, dua bek tengah mereka yakni Sokratis Papastathopoulos dan David Luiz membuat dua blunder yang berujung gol.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan