Pencarian populer

Indra Sjafri Selalu Ikuti Perkembangan Sepak Bola Thailand dan Vietnam

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri (tengah) memberikan arahan pada sesi latihan jelang laga perdana kualifikasi Piala Asia U-23 2020 melawan Thailand di Stadion My Dinh, Hanoi, Kamis (21/3/2019). Foto: Nugroho Sejati/kumparan

Meski belum menyamai level sepak bola Asia, dari tahun ke tahun, nyatanya level sepak bola Asia Tenggara mengalami peningkatan. Setidaknya itulah yang dirasakan oleh pelatih Timnas U-23 Indonesia, Indra Sjafri.

Dalam sesi jumpa pers jelang kualifikasi Piala Asia U-23 2020, Kamis (21/3/2019), selain berbicara mengenai pertanadingan antara Timnas U-23 melawan Thailand pada Jumat (22/3), Indra sedikit menyinggung soal perkembangan sepak bola Asia Tenggara yang mulai berkembang ke arah yang lebih baik. Ia mengetahui hal tersebut karena sering mengikuti perkembangan sepak bola Thailand dan Vietnam dari berbagai platform media yang ia ketahui.

"Saya juga selalu ikuti perkembangan sepak bola Thailand dan Vietnam. Kita bahagia sekarang tim Asia Tenggara levelnya makin bagus. Berharap di Asia makin bagus sehingga kualitas tim Asia dan Asia Tenggara bisa makin baik dari sekarang," ujar Indra.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri (kedua dari kiri), saat melakukan konferensi pers jelang babak kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Hanoi, Vietnam, Kamis (21/3). Foto: Dok. PSSI

"Silakan Vietnam lakukan pembenahan, Thailand lakukan pembinaan lebih baik, dan Indonesia juga akan melakukan itu. Ujung-ujungnya adalah bagaimana nanti kita lihat hasilnya tim-tim Asia dan Asia Tenggara berkiprah dengan lebih baik (di kompetisi level Asia dan dunia)," tambahnya.

Memang, dalam beberapa tahun terakhir, sepak bola Asia Tenggara mulai bisa bicara banyak. Pada 2018 silam, diwakili oleh Vietnam U-23, tim Asia Tenggara menempatkan wakil mereka di partai final Piala Asia U-23 yang diselenggarakan di China. Sayang, Vietnam gagal keluar sebagai pemenang setelah dikalahkan Uzbekistan di final.

Selanjutnya, ada juga Thailand yang pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 sukses menembus babak ketiga yang merupakan babak tertinggi kualifikasi Piala Dunia zona Asia. Sialnya, pada babak ketiga tersebut, Thailand gagal bersaing dengan Arab Saudi, Australia, Jepang, Uni Emirat Arab, dan Irak.

Para suporter Thailand menyemangati Timnas U-22 Thailand pada Pertandingan Final Piala AFF U-22 2019 antara Indonesia vs Thailand di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Jumat (22/2). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Thailand dan Vietnam juga dengan apik membawa panji Asia Tenggara di Piala Asia 2019. Thailand mampu lolos sampai 16 besar, sebelum akhirnya ditundukkan China dengan skor tipis 1-2. Sedangkan, Vietnam mampu menembus babak perempat final, sebelum akhirnya dikalahkan Jepang dengan skor tipis juga, 0-1.

Ya, melihat prestasi dari negara-negara Asia Tenggara, tak heran jika Indra menyebut kualitas tim di Asia Tenggara memang sedang berkembang. Lalu, sudah berada di manakah Indonesia?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: