kumparan
23 Mar 2019 5:16 WIB

Inggris Hajar Republik Ceko, Portugal Ditahan Ukraina

Inggris melawan Republik Ceko di babak kualifikasi Piala Eropa 2020. Foto: REUTERS/David Klein
Timnas Inggris berhasil menang atas Republik Ceko dengan skor 5-0 di pertandingan babak kualifikasi Piala Eropa 2020, Sabtu (23/3/2019) dini hari WIB. Di waktu dan ajang yang sama, Timnas Portugal ditahan imbang tanpa gol oleh Ukraina.
ADVERTISEMENT
***
Pemain Manchester City, Raheem Sterling, menjadi bintang Inggris yang bersinar paling terang dalam kemenangan atas Republik Ceko ini. Sterling berhasil mencetak hattrick dan menorehkan satu assist di pertandingan ini.
Selain Sterling, dua penyerang sayap belia Inggris, Jadon Sancho dan Callum Hudson-Odoi, juga berkontribusi pada pesta gol negaranya. Sancho mengirimkan satu assist, sementara Hudson-Odoi yang menjalani debut internasionalnya berkontribusi pada gol terakhir Inggris.
Pesta gol Inggris dibuka oleh Sterling di menit ke-24. Pemain bernomor punggung 11 ini mencetak gol lewat skema indah yang dibangun oleh Harry Kane dan Sancho. Kane melepaskan umpan terobosan ke Sancho, yang meneruskan bola ke Sterling. Sterling berhasil mencocor bola ke gawang Jiri Pavlenka dengan baik.
ADVERTISEMENT
Raheem Sterling cetak hattrick di laga lawan Republik Ceko. Foto: REUTERS/David Klein
Di injury time babak pertama, giliran Kane yang mencetak gol. Penyerang Tottenham Hotspur ini mengeksekusi penalti seusai Sterling dijatuhkan oleh dua pemain bertahan Republik Ceko di kotak 16 besar. Gol Kane ini menjadi gol penutup di babak pertama.
Tujuh belas menit setelah babak kedua dimulai, Sterling menambah pundi-pundi golnya. Memanfaatkan terobosan Kyle Walker, eks penggawa Liverpool ini berhasil menyeploskan bola ke gawang Republik Ceko lewat sepakan kaki kirinya.
Di menit ke-68, Sterling sukses menorehkan trigol. Sepakannya dari luar kotak penalti membentur bek Republik Ceko dan membuat Pavlenka tak berdaya.
Hudson-Odoi, yang masuk menggantikan Sterling, melengkapi penderitaan Republik Ceko. Di menit ke-84, pemain muda Chelsea ini melepaskan tembakan yang berhasil ditepis Pavlenka. Namun, bek Republik Ceko, Tomas Kalas, salah mengantisipasi dan membuat bola masuk ke gawang timnya sendiri.
ADVERTISEMENT
Gol bunuh diri Kalas menjadi gol terakhir yang tercipta di pertandingan ini. Inggris sukses mendominasi Republik Ceko tanpa kendala yang berarti.
Portugal Kesulitan Tembus Pertahanan Ukraina
Portugal ditahan imbang Ukraina di babak kualifikasi Piala Eropa 2020. Foto: REUTERS/Rafael Marchante
Hasil impresif gagal didapatkan Portugal. Berhadapan dengan Ukraina, Selecao das Quinas tak mampu menciptakan satu gol pun.
Kehadiran Cristiano Ronaldo, yang baru kembali membela negaranya seusai Piala Dunia 2018, sebenarnya membuat Portugal memiliki kans besar untuk menang. Megabintang yang bermain untuk Juventus ini melepaskan tujuh dari 18 upaya tembakan Portugal.
Namun, penampilan impresif kiper Ukraina, Andriy Pyatov, berhasil menggagalkan upaya Ronaldo dan kawan-kawannya. Pyatov, sang kapten, mencatatkan enam penyelamatan dan persentase tangkapan sukses mencapai 100%.
Di satu sisi, Ukraina tak mampu untuk membahayakan gawang Rui Patricio. Hanya enam tembakan yang dilepaskan Viktor Tsygankov dkk, dan hanya satu dari enam tembakan tersebut yang mengarah ke gawang.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan