kumparan
3 Jan 2019 3:58 WIB

Jangan Buru-buru Mainkan De Bruyne!

Kevin De Bruyne. (Foto: Reuters/Carl Recine)
Satu pertanyaan dari para suporter Manchester City menjelang laga melawan Liverpool, Jumat (4/1/2019) dini hari WIB: Apakah Kevin De Bruyne sudah cukup bugar untuk mentas?
ADVERTISEMENT
Kondisi De Bruyne memang menghadirkan keraguan untuk laga pekan ke-21 Premier League tersebut. Benturan di partai sebelumnya kontra Southampton, Minggu (30/12), memicu nyeri di bagian otot sang gelandang.
Padahal, kehadiran De Bruyne sebagai jenderal lapangan tengah sangat diperlukan mengingat urgensi laga kontra Liverpool. Ya, inilah kesempatan terbesar The Citizens untuk memangkas gap tujuh angka dengan tim lawan yang kini bertengger di puncak tabel.
Kekhawatiran suporter City mungkin sedikit menyurut. Pasalnya, pelatih Pep Guardiola telah menyatakan bahwa De Bruyne turut serta dalam persiapan menjelang laga menghadapi Liverpool.
De Bruyne usai laga menghadapi Spurs. (Foto: David Klein/Reuters)
"De Bruyne sudah berlatih hari ini dan tinggal menjalani pemeriksaan lebih lanjut pada pagi hari," tutur Guardiola sebagaimana dilansir oleh situs resmi klub.
ADVERTISEMENT
Kendati begitu, Guardiola diminta untuk tidak mengambil risiko dengan langsung menurunkan De Bruyne. Saran tersebut datang dari kapten Vincent Kompany yang merupakan rekan De Bruyne di Timnas Belgia.
Bisa jadi itu merupakan rekomendasi logis menimbang kondisi De Bruyne yang masih rentan. Ya, cedera terakhir ditengarai merupakan efek lanjutan dari masalah ligamen cukup parah yang sempat mendera De Bruyne sehingga absen sejak Agustus sampai Oktober dan November hingga Desember.
"Kami semua menyadari kekuatan dan kemampuan De Bruyne untuk mengubah permainan. Namun, saya tidak mengetahui bagaimana kondisi fisiknya," kata Kompany seperti dikutip dari Sky Sports.
Kompany mencetak gol ke gawang United. (Foto: Reuters/Russell Cheyne)
"Semua orang boleh fokus terhadap laga pertandingan, tetapi kami lebih membutuhkan dia ke depannya. Masih banyak agenda musim ini. Jadi jika keputusan ada di tangan saya, lebih baik jika De Bruyne berada dalam kondisi fit untuk sisa musim," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Apabila pendapat Kompany sejalan dengan keputusan Guardiola nanti, De Bruyne mungkin sekadar menduduki bangku cadangan alih-alih merumput sebagai starter. Itu artinya, City membutuhkan sosok dirigen pengganti di lini tengah.
Selama De Bruyne absen akibat cedera ligamen, lakon tersebut dipercayakan kepada Bernardo Silva. Pemain Portugal ini memberikan dampak cukup masih dalam menyervis para penyerang dengan rata-rata 1,9 umpan kunci per laga --hanya kalah dari David Silva dan Raheem Sterling.
===
Pertandingan Manchester City vs Liverpool berlangsung pada pekan ke-21 Premier League. Laga digelar di Stadion Etihad, Jumat (4/1/2019) pukul 03:00 WIB.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan