kumparan
7 Jun 2018 7:39 WIB

Juventus dan Genoa Sepakati Transfer Mattia Perin

Perin saat membela Timnas Italia. (Foto: AFP/Miguel Medina)
Selangkah lagi, Mattia Perin akan menjadi pemain Juventus. Pada Kamis (7/6/2018) dini hari WIB, 'Si Nyonya Tua' sudah mencapai kesepakatan dengan Genoa untuk mendatangkan kiper 25 tahun tersebut ke Allianz Stadium. Menurut laporan Sky Italia, nilai transfer Perin ke Juventus ada di angka 12 juta plus bonus 3 juta euro.
ADVERTISEMENT
Musim 2018/19 mendatang, Juventus sudah dipastikan takkan diperkuat oleh Gianluigi Buffon. Setelah 17 tahun, pria 40 tahun itu mengakhiri masa baktinya untuk La Vecchia Signora. Juventus pun kemudian langsung dikait-kaitkan dengan Perin yang diharapkan bisa menjadi pengganti.
Memang, Juventus sudah memiliki sosok Wojciech Szczesny. Bahkan, pelatih Massimiliano Allegri sekalipun sudah menyatakan bahwa Szczesny akan menjadi suksesor Buffon. Akan tetapi, Juventus tidak mau menggantungkan masa depannya kepada satu kiper saja.
Perin merupakan produk asli akademi Genoa. Meski demikian, nama kiper kelahiran Latina ini justru mencuat tatkala dipinjamkan ke Pescara pada musim 2012/13. Penampilan apik Perin di Pescara itu membuat Genoa langsung menariknya kembali pada musim berikutnya.
Total, Perin sudah memperkuat Genoa sebanyak 151 kali. Catatan kebobolan Perin sebenarnya cukup buruk karena sampai musim 2017/18 lalu gawangnya sudah kemasukan 184 kali. Kendati demikian, selama lima musim menjaga gawang I Grifoni, Perin juga telah mencatatkan 46 clean sheet.
ADVERTISEMENT
Musim lalu, Perin bermain dalam 34 laga untuk Genoa. Rata-rata, dalam satu pertandingannya dia kemasukan satu gol. Catatan ini cukup baik mengingat Genoa sendiri hanya finis di urutan ke-12. Berkat Perin yang mampu membuat 2,91 penyelamatan per laga, Genoa pun menjadi tim dengan pertahanan terbaik ketujuh di Serie A.
Secara umum, Perin memang memiliki potensi untuk menjadi suksesor yang pas bagi Buffon. Akan tetapi, satu hal yang harus diwaspadai Juventus adalah rekam jejak cedera Perin yang cukup mengkhawatirkan. Pada musim 2015/16 dan 2016/17, Perin menderita cedera anterior cruciate ligament (ACL) di dua kaki yang berbeda. Dua cedera itu membuatnya sempat harus menepi selama lebih dari 300 hari.
Di Juventus nanti, Perin rencananya bakal diberi kontrak empat musim. Setiap musimnya, pemilik 2 caps untuk Tim Nasional Italia ini dibayar 2,5 juta euro.
ADVERTISEMENT
-----
*) Sumber data: Transfermarkt &Squawka
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan