kumparan
6 Des 2018 16:23 WIB

Juventus vs Inter: Melihat Ketajaman Ronaldo dan Icardi

Cristiano Ronaldo. (Foto: Jason Cairnduff/Reuters)
Tidak hanya Bundesliga Jerman yang menghadirkan pertandingan dengan embel-embel derbi akhir pekan ini. Pun demikian dengan Serie A Italia yang menghelat duel bertajuk Derby d'Italia antara Juventus dan Inter Milan di Allianz Stadium, Sabtu (8/12/2018) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Juventus, yang belum tersentuh kekalahan dalam 14 pertandingan liga, jelas diunggulkan untuk meraih tiga angka. Dari fakta tersebut diakui pula oleh eks striker Inter Milan, Hernan Crespo bahwa I Nerazzurri akan sulit meraih kemenangan.
"Suka atau tidak suka Juventus akan memulai pertandingan sebagai pihak yang diunggulkan dalam laga nanti," tutur Crespo dilansir Inter TV.
Duel Juventus dan Inter musim ini memang semakin panas bila melihat tabel klasemen. Ya, kedua tim sama-sama sedang berjuang merengkuh gelar Serie A. Inter kini berada di tempat ketiga dengan torehan 29 angka. Adapun Juventus menduduki posisi yang lebih baik alias puncak tabel setelah mengemas 40 angka dari 14 laga yang sudah dijalaninya.
Selain faktor posisi kedua kesebelasan di tabek klasemen, peran para pemain kedua kesebalasan yang berlabel bintang juga menambah sengit jalannya pertandingan. Dua nama yang patut dikedepankan pada laga kali ini adalah dua penyerang tajam dari masing-masing tim yakni Mauro Icardi dan Cristiano Ronaldo.
ADVERTISEMENT
Keduanya kini berada di daftar pencetak gol terbanyak Serie A. Hingga pekan ke-14, Icardi sudah berhasil menyumbangkan 8 gol untuk Inter atau berjarak 2 gol saja dari Ronaldo.
Untuk Icardi, laga menghadapi Juventus selalu spesial untuknya. Hal itu dikarenakan, sudah 8 gol yang Icardi bisa cetak ke gawang Juventus selama kariernya di Serie A. Tren ini sudah dimulai sejak duel pertamanya kontra Juventus yang menghadirkan dwigol Icardi, 6 Januari 2013 lalu. Dan sejak itu pula, hanya ada enam tim yang bisa melampaui torehan gol Icardi ke gawang I Bianconeri: Sampdoria, Napoli, Fiorentina, Inter, Roma, dan Verona).
Selebrasi gol Mauro icardi. (Foto: Reuters/Alberto Lingria)
Sementara, Ronaldo baru sekali mencetak gol ke gawang Inter. Catatan itu tercipta saat sang megabintang masih berseragam Manchester United di ajang Liga Champions musim 2008/09.
ADVERTISEMENT
Menarik pula menilik statistik kedua pemain musim ini karena baik Ronaldo maupun Icardi saling mengungguli. Menyoal konversi peluang, Icardi lebih baik dengan catatan 27% tembakan berujung gol, berbanding 10% milik Ronaldo.
Beda hal jika bicara soall umpan. Aspek ini menempatkan Ronaldo lebih baik ketimbang Icardi. Pemain asal Portugal itu sudah mencatatkan 5 assist di Serie A musim ini, sedangkan Icardi biaru memberikan 2 assist bersama Inter.
Uniknya, kedua pemain ini sama-sama berhasil mencetak gol di laga klubnya masing-masing pekan lalu. Kendati begitu, dua cerita berbeda dihasilkan oleh Inter dan Juventus. Ronaldo mencetak gol dan membawa Juventus menang dengan skor 3-0 atas Fiorentina. Icardi mencetak satu gol lewat sundulan ke gawang AS Roma, tetapi timnya harus puas bermain imbang 2-2.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan