Pencarian populer

Kalahkan Brighton, United Melaju ke Babak Semifinal Piala FA

Para pemain United merayakan gol. (Foto: Reuters / Andrew Yates)

Manchester United sukses membalas rasa sedih mereka usai gugur di ajang Liga Champions. Menghadapi Brighton and Hove Albion dalam babak keenam Piala FA di Stadion Old Trafford, Minggu (18/3/2018) dini hari WIB, mereka sukses meraih kemenangan dengan skor 2-0 lewat dua gol masing-masing dari Romelu Lukaku dan Nemanja Matic.

Berkat kemenangan ini, United memastikan diri lolos ke semifinal Piala FA musim 2017/2018, menyusul Tottenham Hotspur. Bagi Brighton, kekalahan ini mengakhiri perjalanan mereka di Piala FA musim 2017/2018 ini.

***

Dalam pertandingan ini, Manchester United turun dengan formasi 4-2-3-1. Romelu Lukaku menjadi penyerang tunggal, diapit oleh Anthony Martial, Jesse Lingard, dan Juan Mata di lini kedua. Nemanja Matic dan Scott McTominay menjadi metronom di lini tengah, sekaligus melapis lini pertahanan yang dikomandoi oleh Eric Bailly dan Chris Smalling.

Sementara itu, Brighton and Hove Albion turun dengan formasi 4-3-3. Solly March, Leonardo Ulloa, dan Juergen Locadia menjadi trio di lini depan, diapit oleh Davy Proepper, Beram Kayal, dan Pascal Gross di lini tengah. Ketiga gelandang tersebut menjadi metronom, sekaligus pelapis empat bek yang dipimpin oleh Lewis Dunk dan Shane Duffy.

Di babak pertama, Manchester United selaku tuan rumah cukup menguasai laga. Beralaskan rumput Old Trafford yang dihiasi oleh salju, mereka beberapa kali menekan pertahanan Brighton lewat kombinasi gerak para pemain depan mereka.

Hal ini tampak dari persentase penguasaan bola mereka yang mencapai angka 61%, berbanding 39% milik Brighton, sampai sekira menit ke-35. Total tembakan mereka juga lebih banyak, dengan torehan 7 tembakan berbanding 5 milik Brighton.

Meski ditekan oleh para pemain United, para pemain Brighton mampu menyengat balik lewat beberapa kali upaya serangan balik yang mereka lakukan. Sisi sayap menjadi sisi yang cukup sering mereka gunakan untuk menyerang balik United, karena kerap ada ruang kosong yang bisa mereka eksploitasi dari sana.

Memasuki akhir babak pertama, tepatnya di waktu 15 menit akhir, United yang kerap menerima sengatan balik dari Brighton benar-benar menyengat Brighton. Pada menit ke-37, berawal dari umpan silang Matic, Lukaku sukses melepaskan tandukan ke gawang Brighton yang dikawal Tim Krul. Tandukannya tersebut sukses menjebol gawang Brighton dan mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan United.

Di sisa waktu yang ada, Brighton berusaha keras mengejar ketertinggalan. Di sisi lain, United pun berusaha untuk menambah keunggulan. Namun, skor 1-0 tetap bertahan sampai babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, tekanan masih cukup konstan dilakukan oleh United. Masuknya Ashley Young menggantikan Luke Shaw di awal babak kedua ini membuat United dapat menambah intensitas tekanan mereka dari sayap.

Tapi Brighton tak patah arang. Memasuki menit ke-55, tekanan justru lebih aktif mereka lakukan. Meski secara penguasaan bola mereka masih kalah (39% berbanding 61% milik United), total tembakan mereka sampai sekira menit ke-65 berbalik menjadi lebih banyak, dengan torehan 11 tembakan berbanding 7 tembakan milik United.

Ketika menekan, Brighton masih menggunakan gaya yang sama seperti yang mereka terapkan pada babak pertama. Mereka menusuk celah-celah yang ada di lini pertahanan United, dan tidak butuh banyak umpan bagi mereka untuk langsung menuju pertahanan United. Hal inilah yang membuat 'Setan Merah' sedikit kerepotan menghadapi serangan-serangan dari Brighton.

Sadar bahwa daya serang harus ditambah, Brighton pun memasukkan Jose Izquierdo menggantikan Solly March di babak kedua ini. Selain itu, Glenn Murray pun dimasukkan menggantikan Ulloa yang tampak sulit menembus pertahanan United.

Menghadapi Brighton yang mulai menekan balik, United menerapkan strategi yang apik. Selain bertahan dengan rapi, mereka juga memasukkan Marcus Rashford agar keseimbangan permainan tetap terjaga. Hasilnya, meski ditekan oleh Brighton, United mampu melancarkan beberapa serangan balik yang berbahaya.

Keseimbangan permainan United ini juga membuat mereka mampu mencetak gol kedua dalam laga ini. Pada menit ke-84, berawal dari tendangan bebas Young, Matic sukses menyundul bola ke gawang Krul tanpa pengawalan berarti dari para pemain Brighton. 'Setan Merah' unggul 2-0 atas Brighton.

Di sisa waktu lima menit babak kedua, Brighton sebisa mungkin berusaha menyamakan kedudukan. Walau sudah berusaha, pada akhirnya mereka gagal mencetak gol. United menang, dan sukses melaju ke babak semifinal Piala FA.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: