kumparan
16 Nov 2018 4:57 WIB

Kandaskan Rusia, Jerman Akhiri Tren Negatif

Para pemain Jerman meryakan gol Niklas Sule ke gawang Rusia. (Foto: REUTERS/Matthias Rietschel)
Red Bull Arena Leipzig jadi saksi keperkasaan Jerman atas Rusia lewat kemenangan telak 3-0 di laga persahabatan Jumat (16/11/2018) dini hari WIB. Gol-gol Die Mannschaft lahir dari aksi Leroy Sane, Niklas Suele, dan Serge Gnabry. Hasil positif kali ini sekaligus mengakhiri paceklik kemenangan Jerman dalam dua laga terakhir.
ADVERTISEMENT
Tampil tanpa Marco Reus dan Toni Kroos, Joachim Loew bertumpu pada trio Timo Werner, Sane, dan Gnabry. Sebagai penyeimbang area tengah, arsitek berusia 58 tahun itu menyerahkannya kepada Joshua Kimmich serta Serge Gnabry. Sementara Niklas Suele, Antonio Ruediger, dan Matthias Ginter diutus untuk melindungi Manuel Neuer sebagai palang pintu terakhir.
Setali tiga uang dengan Jerman, Rusia juga tak bisa menurunkan pilar pentingnya. Bahkan, tuan rumah Piala Dunia 2018 lalu itu lebih mengenaskan lagi karena tak akan diperkuat Aleksandr Golovin, Mario Fernandes, dan Denis Cheryshev yang masih cedera.
Alhasil, Stanislav Cherchesov mengalokasikan peran kreator serangan kepada Aleksey Miranchuk dan Aleksandr Yerokhin. Sementara Ari, penyerang kelahiran Brasil, didaulat sebagai ujung tombak tim.
ADVERTISEMENT
Meski tak diperkuat beberapa pemain pentingnya, Rusia punya modal besar karena tak terkalahkan dalam empat laga terakhir. Berbanding terbalik dengan Jerman yang menelan dua kekalahan beruntun dari Belanda dan Prancis di ajang UEFA Nations League.
Kecepatan dan dinamisnya pergerakan Werner, Sane, dan Gnabry jadi senjata mereka untuk melumpuhkan barisan pertahanan Rusia. Skema tersebut terbukti ampuh. Baru delapan menit berjalan, publik tuan rumah sudah bersorak setelah Sane mencatatkan namanya di papan skor.
Diawali dari build-up serangan di sisi kanan, penggawa Manchester City itu sukses mengonversi umpan matang Gnabry. Lesakan tersebut merupakan gol perdana Sane bersama Jerman di pentas internasional.
Namun, bukan Sane saja yang mendapatkan panggung kali ini. Suele juga berhasil mencetak gol debutnya usai meneruskan umpan Ruediger dalam skema umpan pojok yang dilepaskan Kimmich.di menit 25.
ADVERTISEMENT
Rusia kembali kesulitan dalam mengantisipasi pergerakan trisula Jerman. Bila Sane yang mengoyak sentral pertahanan mereka, giliran Gnabry yang menjebol gawang Andrey Lunev dengan skema umpan terobosan kiriman Havertz di menit 40.
Rusia bukannya tanpa perlawanan. Di menit 49 mereka hampir saja memperkecil ketinggalan andai tembakan Aleksey Ionov tak melenceng dari sasaran. Memang tak banyak peluang yang mampu didulang Rusia, sebab kendali permainan dikuasai oleh Jerman. Catatan tembakan tepat sasaran mereka pun nihil.
Sementara keunggulan tiga gol di babak pertama membuat Loew cenderung bermain aman dengan melakukan rotasi pemain di pertengahan babak kedua. Werner, Sane, dan Gnabry ditarik keluar. Begitu pula dengan Ruediger yang digantikan dengan Jonathan Tah.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, Jerman akan melakoni laga penting di pentas UEFA Nations League versus Belanda empat hari mendatang. Hanya Jonas Hector yang gagal 'terselamatkan' karena mengalami cedera dan harus keluar lapangan. Tak ada gol tambahan, Jerman keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 3-0.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan