kumparan
22 Mar 2019 22:04 WIB

Kelemahan Timnas U-23 Menurut Pemain: Kurang Fokus

Pemain Timnas U-23 Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar (kanan) menggiring bola melewati pemain Timnas U-23 Thailand, Sakunchai Saengthopho, di pertandingan babak kualifikasi Piala Asia U-23 Indonesia vs Thailand di Stadion My Dinh, Hanoi, Jumat (22/3). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Asnawi Mangkualam Bahar dan Witan Sulaeman satu suara soal kekalahan Timnas U-23 Indonesia. Keduanya turut ambil bagian dalam laga antara Timnas U-23 vs Thailand U-23 pada babak kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam.
ADVERTISEMENT
Pada laga yang dihelat Jumat (22/3/2019) tersebut, Timnas U-23 menelan kekalahan dengan skor mencolok: 0-4. Gol-gol dari Shinnapat Leeaoh, Supachai Jaided, dan Supachok Sarachat mengantarkan Timnas U-23 pada kekalahan.
Asnawi mengakui bahwa para pemain Timnas U-23 tampil di bawah performa terbaik mereka. "Hari ini kami kurang beruntung, dan kami tampil di bawah performa. Seluruh tim, semua pemain, saya kira permainan kami tak seperti biasanya. Kami kurang siap di menit-menit awal dan kebobolan," ujar Asnawi saat ditemui para pewarta selepas laga.
Senada dengan Asnawi, Witan juga mengungkapkan hal yang sama perkara kekalahan Timnas U-23 ini. "Menurut saya hasil ini karena kami kurang fokus di awal. Jelang akhir pertandingan, kami juga kurang fokus," kata Witan saat ditemui selepas laga.
ADVERTISEMENT
Selepas kekalahan ini, Timnas U-23 akan melanjutkan perjalanan mereka di laga kualifikasi Piala Asia U-23 2020 melawan Vietnam, Minggu (24/3). Sadar akan pentingnya laga tersebut, Asnawi dan Witan menyebut timnya sudah bertekad untuk memperbaiki penampilan.
Pemain Timnas U-23 Indonesia Egy Maulana Vikri (tengah) berhadapan dengan pemain Timnas U-23 Thailand, Saringkan Promsupa, di pertandingan babak kualifikasi Piala Asia U-23 Indonesia vs Thailand di Stadion My Dinh, Hanoi, Jumat (22/3). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
"(Lawan Vietnam) harus lebih fokus lagi agar dapat poin. Harus lebih konsentrasi kami, karena hari ini kami tak dapat poin. Poin di laga selanjutnya penting bagi kami agar lolos," ujar Asnawi.
"Pokoknya harus menang (lawan Vietnam)," kata Witan.
Sementara itu, anggota Timnas U-23 yang urung tampil di turnamen karena status naturalisasinya dianggap bermasalah oleh FIFA, Ezra Walian, hadir ke stadion untuk memberikan dukungan.
Meski tidak bisa bermain karena terganjal masalah administrasi, Ezra tetap memberikan dukungan kepada para pemain Timnas U-23 dan tetap akan berada di Vietnam. Asnawi pun mengapresiasi hal tersebut.
ADVERTISEMENT
"Kami berterima kasih untuk dia (Ezra). Support kami terus walau tak bermain dengan tim tapi dia tetap di sini untuk berikan semangat untuk kami," ujar Asnawi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan