kumparan
10 Sep 2019 22:17 WIB

Ketika Suporter Indonesia Malah Ikut-ikutan Mendukung Thailand

Pemain Timnas Indonesia Irfan Bachdim (kanan) berusaha melewati pemain Timnas Thailand pada laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2019). Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Timnas Indonesia takluk dengan skor telak 0-3 di tangan Thailand, Selasa (10/9/2019) malam WIB. Kendati begitu, cerita tak hanya terpusat di lapangan, tetapi juga di sejumlah sudut tribune Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).
ADVERTISEMENT
Boleh dibilang, suasana di tribune jauh berbeda dengan pertandingan sebelumnya, yakni ketika Indonesia menghadapi Malaysia. Selain jumlah pendukung Indonesia lebih sedikit, ada kehangatan tersendiri di tribune-tribune SUGBK.
Kehangatan itu bahkan sudah terasa sejak awal laga. Saat lagu kebangsaan Thailand diputar, misalnya, para suporter Indonesia terlihat sangat menghormati.
Mereka tampak berdiri sepanjang lagu didendangkan. Sementara ketika lagu usai, tepuk tangan lantas berderap. Begitu pun sebaliknya.
Tak sampai di situ. Pada pengujung pertandingan, suporter-suporter Thailand yang hadir di SUGBK juga memberikan semangat untuk para pemain Indonesia.
Ini dilakukan sebab skuat 'Garuda' tampak tertunduk lesu. Mereka baru saja mengalami kekalahan yang memang tak mengenakkan.
"Indonesia.. Indonesia.." begitu terdengar yang diselingi dengan tepuk tangan.
ADVERTISEMENT
Ketika para pemain Indonesia sudah memasuki kanal stadion, suporter Thailand lantas melanjutkan dukungannya. Namun, kali ini para jagoan merekalah yang menjadi objek dukungan.
Para pendukung Thailand itu melakukan Viking Clap. Menariknya, sejumlah suporter Indonesia yang masih di tribune stadion ikut melakukan hal serupa.
Nah, aksi "mendukung" pemain Thailand ini sebetulnya tak hanya terjadi di ujung pertandingan. Ketika pertandingan berlangsung, kumparanBOLA sempat melihat sejumlah suporter Indonesia melakukan hal serupa.
Boleh jadi karena kecewa dengan permainan skuat 'Garuda', sejumlah pendukung tim tuan rumah itu ikut-ikutan memberikan "dukungan" kepada pemain Thailand.
Kekecewaan pendukung Indonesia tidak sampai di situ. Jurnalis kumparanBOLA yang hadir langsung di stadion juga mendengar dan menyaksikan bagaimana sejumlah suporter menyoraki kiper Indonesia, Andritany Ardhiyasa.
ADVERTISEMENT
Selesai? Well, belum. Menjelang laga selesai, teriakan "Simon (McMenemy) Out!" juga sempat berkumandang.
Duh...
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·