kumparan
10 Sep 2019 18:21 WIB

Kiper Tersibuk (Sementara) Musim 2019/20 Itu Bernama Zack Steffen

Zack Steffen, kiper andalan Timnas Amerika Serikat. Foto: TIMOTHY A. CLARY / AFP
Pernah mendengar nama Zack Steffen? Namanya memang cukup asing, tetapi WhoScored menobatkan sosok asal Amerika Serikat ini sebagai kiper tersibuk (sementara) musim ini.
ADVERTISEMENT
Steffen sendiri telah melakukan 19 penyelamatan dalam tiga laga Bundesliga terkini bersama Fortuna Duesseldorf. Di lima liga top Eropa, hanya Hugo Lloris dari Tottenham Hotspur yang mampu menyamai catatan impresif tersebut.
Disejajarkan dengan kiper hebat macam Lloris bukan satu-satunya pencapaian Steffen. Kiper terbaik MLS 2018 ini juga dinobatkan sebagai pemain terbaik di pekan perdana Bundesliga musim ini oleh pihak penyelenggara liga.
Lantas, bagaimana bisa Steffen menorehkan semua ini dalam kurun waktu singkat? Untuk mengetahuinya, kita perlu menyadari bahwa Fortuna merupakan salah satu tim dengan organisasi pertahanan yang buruk di kompetisi level teratas di Jerman itu.
Video
Simak apa yang terjadi ketika Fortuna menang 3-1 atas Werder Bremen pada pekan perdana Bundesliga. Kala itu, Steffens melakukan 10 penyelamatan. Sebuah angka yang jelas tak normal ditorehkan seorang kiper dalam sebuah pertandingan.
ADVERTISEMENT
Pada menit ke-47, Johannes Eggestein berhasil membobol gawang kiper berusia 24 tahun ini. Gol ini sebenarnya bisa dicegah Fortuna. Namun, ketika Milot Rashica melancarkan umpan lambung, ada dua pemain Bremen dan empat pemain Fortuna di kotak penalti.
Masalahnya, para pemain Fortuna sendiri tampak kebingungan siapa yang seharusnya mereka jaga. Termasuk Lewis Baker, yang bertugas menjaga Eggestein. Akhirnya, Eggestein pun bisa melancarkan sundulan dengan leluasa.
Aksi Zack Steffen saat memperkuat Timnas Amerika Serikat. Foto: DOMINICK REUTER / AFP
Sepanjang Bundesliga musim ini bergulir, Fortuna telah kebobolan 3 kali dengan skenario serupa. Ini berarti, Steffen tak punya pilihan lain kecuali terus bekerja keras di depan mistar gawang.
Pertanyaannya, bisakah kiper yang dipinjamkan Manchester City ini menjaga konsistensinya selama semusim penuh?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan