kumparan
23 Apr 2019 5:32 WIB

Klopp Pesimistis United Bakal Ganjal City di Derbi Manchester

Klopp memimpin sesi latihan Liverpool jelang laga lawan Porto. Foto: Reuters/Carl Recine
Derbi Manchester yang dihelat Kamis (25/4/2019) dini hari WIB lusa sedikit spesial ketimbang biasanya. Bukan cuma Manchester United dan Manchester City saja beradu gengsi, tetapi juga ada Liverpool yang punya kepentingan di sana.
ADVERTISEMENT
Liverpool memang berada di posisi teratas dalam daftar klasemen Premier League sementara--unggul dua angka dari City di peringkat kedua. Akan tetapi, Sergio Aguero dan kawan-kawan masih menyimpan satu laga lebih banyak ketimbang The Reds. Artinya, bila mereka berhasil meraup poin penuh--versus United-- posisi Liverpool sebagai pemuncak klasemen bakal lengser.
Itulah mengapa harapan Liverpool kepada United untuk menang begitu besar. Agar, ya, mereka bisa mengalahkan atau setidaknya menahan laju 'Si Tetangga Berisik'. Virgil van Dijk bahkan memberi dukungan terselubung kepada United.
Menariknya, Juergen Klopp punya pemikiran berbeda. Ia justru pesimistis bila United mampu melicinkan jalan anak asuhnya untuk merengkuh trofi Premier League musim ini.
ADVERTISEMENT
"Kami tidak memiliki pengaruh apapun pada (Derbi Manchester). Sepertinya saat ini United benar-benar ... berapa skor (kekalahan mereka)? 3-0? 4-0? Kami tahu City akan siap. Kami hanya berharap United juga telah siap," kata Klopp pada Sky Sports.
Satire benar komentar Klopp. Bukannya menepuk bahu 'Setan Merah', ia malah seakan pasrah bila Kota Manchester tak bakalan 'memerah'.
Gawang United kebobolan lagi. Foto: REUTERS/Andrew Yates
Tentu saja arsitek kelahiran Stuttgart itu punya alasan mengatakan demikian. United baru saja digilas empat gol tanpa balas dari Everton akhir pekan lalu. Bukan cuma margin gol yang mencolok, kekalahan tandang itu juga merupakan yang kelima secara beruntun di lintas ajang. Sialnya, itu merupakan catatan negatif pertama United sejak 1981.
ADVERTISEMENT
Sebaliknya, City masih berhasil memelihara konsistensinya sejauh ini. Oke, mereka memang tersingkir di perempat final Liga Champions usai takluk dari Tottenham Hotspur lantaran gol tandang. Akan tetapi, City berhasil mengemas tiga kemenangan beruntun di laga terakhirnya, termasuk dua kali melibas Spurs--di leg kedua Liga Champions dan Premier League.
Itu belum ditambah dengan rekam jejak cemerlang City di Old Trafford. Mereka tak pernah kalah dalam tiga lawatan terakhir di ajang Premier League--dua kali menang dan sekali seri.
Selebrasi Phil Foden seusai mencetak gol bagi Manchester City di laga melawan Tottenham Hotspur Foto: REUTERS/Phil Noble
Sampai di sini cukup kentara betapa kecilnya kans United untuk menaklukkan City, dan sudah sepantasnya bila Liverpool tak terlalu berharap rival terdekatnya itu terjungkal. Tetapi, siapa yang tahu, toh pemenang laga derbi biasanya kerap menjadi misteri.
ADVERTISEMENT
Yah, semoga saja ucapan Klopp itu bisa melecut semangat pasukan Ole Gunnar Solskjaer untuk memenangi Derbi Manchester esok.