Pencarian populer

Kualifikasi Piala Eropa: Tekuk Andora, Prancis Puncaki Grup H

Proses gol Kylian Mbappe ke gawang Andora. Foto: Albert Gea/REUTERS
Kekalahan dari Turki dua hari lalu memang menjadi tamparan buat Prancis. Mereka membayar hasil minor itu saat bertandang ke markas Andora pada lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020, Rabu (12/6/2019) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Tak tanggung-tanggung, Les Bleus membawa pulang tiga poin usai menundukkan tuan rumah dengan skor 4-0. Adalah gol-gol dari Kylian Mbappe (11’), Wissam Ben Yedder (30’), Florian Thauvin (45+1’), dan Kurt Zouma (60’) yang mengantarkan Prancis pada kemenangan ini.
Atas hasil ini, Prancis menggeser Turki dari puncak klasemen Grup H yang di laga lain dikalahkan Islandia 1-2. Meski sama-sama mengoleksi 9 angka, Prancis unggul produktivitas gol atas Turki.
***
Berangkat dari kekalahan melawan Turki, rotasi besar-besaran dilakukan Didier Deschamps pada susunan awal Prancis menghadapi Andora. Cuma empat pemain di laga sebelumnya yang kembali diturunkan oleh Deschamps kali ini. Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Paul Pogba, dan Hugo Lloris.
Sementara, empat pemain di belakang diganti total dengan memasang Clement Lenglet, Kurt Zouma, Leo Dubois, dan Ferland Mendy. Kemudian yang menemani Pogba di lini tengah ada Tanguy Ndombele, lalu Florian Thauvin menyisir tepi lapangan, serta Wissam Ben Yedder mengisi pos ujung tombak.
ADVERTISEMENT
Perubahan yang dilakukan ini pun menunjukkan permainan berbeda daripada saat melawan Turki. Prancis langsung menggempur dan melepas percobaan di kesempatan apa pun yang didapat, termasuk sepakan luar kotak seperti yang dilakukan Griezmann di menit ketiga.
Upaya serangan akhirnya membuahkan hasil di menit 11. Berawal dari proses serangan balik, Griezmann memberi umpan sodoran kepada Mbappe. Setelah melewati satu pemain, Mbappe menaklukkan kiper Andora dengan tendangan chip.
Prancis tak menemui halangan berarti untuk menguasai bola, tetapi menumpuknya pemain Andora di daerah sendiri bikin pergerakan dari Thauvin dan Mbappe dari tepi lapangan kerap terputus. Itulah mengapa cuma ada satu tambahan tembakan tepat sasaran hingga menit 25.
Kebuntuan itu akhirnya terpecahkan saat laga berusia 30 menit. Adalah Ben Yedder yang mencatatkan namanya di papan skor. Penggawa milik Sevilla itu merobek gawang Andora setelah menerima umpan dari Thauvin yang bergerak di sisi kiri pertahanan.
ADVERTISEMENT
Setelah menjadi kreator, Thauvin akhirnya bisa mencetak gol di laga ini saat babak pertama memasuki injury time. Diawali dari umpan silang Mbappe, Thauvin menyambar bola dengan tendangan salto. Prancis pun unggul 3-0 saat turun minum.
Para pemain Prancis merayakan gol yang dicetak oleh Wissam Ben Yedder. Foto: Albert Gea/REUTERS
Superioritas Prancis atas Andora masih terjadi di babak kedua. 12 menit waktu berjalan, sudah ada enam tembakan yang dilepaskan Prancis dari skema open play, dua di antaranya tepat sasaran yakni dari percobaan Griezmann dan Thauvin.
Gol keempat Prancis akhirnya lahir di menit 60. Berawal dari blunder kiper Andora saat situasi sepak pojok, bola liar disambar Zouma dengan sontekan kaki kanan.
Penyegaran skuat dilakukan Deschamps di sisa 20 menit laga dengan memasukkan Olivier Giroud, Thomas Lemar, dan Moussa Sissoko. Giroud sendiri sempat mendapat peluang di menit 84, tetapi sundulannya bisa ditangkap Gomes. Pun Zouma gagal menorehkan gol kedua usai tendangan volinya ditepis.
ADVERTISEMENT
Hingga wasit meniupkan peluit panjang, tak ada gol tambahan yang dicetak oleh kedua tim. Prancis pun pulang dengan membawa kemenangan 4-0.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86