kumparan
12 Des 2018 20:08 WIB

Lawan Hoffenheim, Manchester City Tanpa David Silva dan Sergio Aguero

Pemain-pemain Manchester City merayakan kemenangan 6-1 atas Southampton. (Foto: REUTERS/Andrew Yates )
Pep Guardiola berangkat tanpa pilar-pilar terbaiknya saat menjamu Hoffenheim di matchday keenam Grup F Liga Champions, Kamis (13/12/2018) dini hari WIB. Prahara cedera memang sedang berembus di Manchester City akhir-akhir ini.
ADVERTISEMENT
David Silva jadi nama terbaru setelah mengalami cedera dan ditarik keluar saat City takluk dari Chelsea akhir pekan lalu. Betul, Anda tak salah dengar. The Citizens baru saja menelan kekalahan perdana mereka di Premier League saat keok 0-2 pada laga yang dihelat di Stamford Bridge tersebut.
Oh, ya, bukan cuma Silva saja yang kudu ditepikan. Pep Guardiola juga memastikan Sergio Aguero akan absen dalam duel dini hari nanti, begitu pula dengan Kevin De Bruyne serta Danilo.
Silva merayakan golnya. (Foto: Reuters/Carl Recine)
"(Silva akan absen) beberapa minggu. Dia terpaksa ditarik keluar pada pertandingan terakhir (lawan Chelsea), tidak terlalu parah, tetapi dia akan menepi selama beberapa minggu. Sementara Aguero berkesempatan untuk tampil akhir pekan nanti," kata Guardiola di situsweb resmi klub.
ADVERTISEMENT
Bisingnya badai cedera yang menghantam para pemainnya, nyatanya tak menggerakkan Guardiola untuk melakukan rotasi. Arsitek yang sudah menggamit sepasang titel Liga Champions untuk Barcelona itu berencana tak akan menyimpan para penggawa terbaiknya lawa Hoffenheim. Adalah minimnya stok pemain yang jadi alasan Guardiola mengurungkan niatnya melakukan rotasi pemain.
"Kami cuma memiliki 15 pemain dan besok merupakan pertandingan yang sangat sulit."
Guardiola tahu benar bahwa keluar sebagai juara grup nantinya akan memuluskan langkah anak asuhnya untuk melaju jauh di Liga Champions. Pasalnya, hanya runner-up grup yang akan jadi lawan mereka di babak 16 besar.
Di edisi 2016/17 lalu misalnya, Vincent Kompany dan kawan-kawan langsung kandas di fase gugur pertama usai keok dari AS Monaco. City bersua juara Grup E itu lantaran hanya nangkring sebagai runner-up Grup C--di bawah Barcelona.
ADVERTISEMENT
Dengan susah payah, City akhirnya sukses taklukkan Hoffenheim. (Foto: REUTERS/Ralph Orlowski)
Nah, untuk mengamankan tempat teratas Grup F, setidaknya City kudu merebut tiga angka dari Hoffenheim. Kemenangan 2-1 pada pertemuan di kandang Hoffenheim, Wirsol Rhein-Neckar-Arena, bisa jadi bekal yang cukup untuk duel dini hari nanti.
Mengenai pemetaan kekuatan wakil asal Jerman itu, Guardiola turut mengakui krediblitas Julian Nagelsmann sebagai aktor di balik kesuksesan Die Kraichgauer. Nyatanya, pelatih termuda dalam sejarah Bundesliga itu sukses membawa Hoffenheim menembus Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah.
"Kekaguman saya kepada Hoffenheim telah meningkat. Saya tahu tentang Julian Nagelsmann dan timnya, tetapi sekarang saya menyadari betapa sulitnya laga nanti," ucapnya.
Julian Nagelsmann, pelatih Hoffenheim. (Foto: Daniel ROLAND / AFP)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan