kumparan
18 Apr 2019 3:54 WIB

Liga Champions: Hantam Porto, Liverpool Tembus Semifinal

Pemain Liverpool saling tos usai mencetak gol. Foto: REUTERS/Miguel Vidal
Liverpool berhasil melaju ke semifinal Liga Champions. Berjumpa Porto pada leg kedua babak perempat final di Stadion Do Dragao, Kamis (18/4/2019) dini hari WIB, Liverpool menang dengan skor 4-1.
ADVERTISEMENT
Gol-gol Liverpool dalam laga ini dicetak oleh Sadio Mane di menit ke-26, Mohamed Salah (65), Roberto Firmino (77), dan Virgil van Dijk pada menit ke-84. Sementara, Porto hanya bisa membalas lewat satu gol Eder Militao di menit ke-69.
Liverpool pun unggul agregat 6-1 setelah pada pertemuan pertama di Anfield pekan lalu mereka menang dengan skor 2-0.
Liverpool tampil sangat efisien di babak pertama kala bersua FC Porto. Tak banyak peluang yang dihasilkan oleh The Reds di 45 menit jalannya babak pertama.
Wajar memang, Porto yang selaku tuan rumah butuh menang untuk bisa lolos ke semifinal. Atas dasar itu, penampilan menyerang disuguhkan oleh anak asuh Sergio Conceicao sejak menit awal pertandingan.
ADVERTISEMENT
Porto tampil dengan kekuatan terbaiknya. Yacine Brahimi, Moussa Marega, Manuel Corona tampil menjadi trisula di depan.
Lalu, Hector Herrera, Danilo Perreira, dan Otavio menjadi pemain utama di lini tengah. Sementara, Liverpool melakukan rotasi di lini depan.
Roberto Firmino diparkir oleh Juergen Klopp. Sebagai ganti, Pria asal Jerman itu memainkan Divock Origi. Selebihnya, Liverpool memainkan skuat utama seperti Mohamed Salah, Sadio Mane, Fabinho, Virgil van Dijk, dan Alisson Becker.
Liverpool tahu betul bila Porto akan keluar menekan. Oleh karena itu, The Reds tampil sangat sabar dan tak mau terpancing menyerang.
Catatan whoscored, Porto menguasai bola sebanyak 57%. Kemudian, ada 15 upaya yang dilakukan oleh Porto sepanjang babak pertama.
Tapi, kokohnya pertahanan Liverpool membuat Porto kesulitan. Faktor kreativitas yang minim dari Porto juga membuat mereka tak bisa membuat gol.
ADVERTISEMENT
Justru Liverpool yang tampil sabar dan mengandalkan serangan balik bisa membuat gol di menit ke-26. Adalah Sadio Mane yang menciptakan gol usai memanfaatkan umpan Salah.
Gol ini awalnya dianulir oleh wasit karena Mane diduga berada dalam posisi offside. Namun, setelah berkonsultasi menggunakan VAR, wasit mengesahkan gol dan membuat Liverpool unggul 1-0.
Gol Mane menjadi satu-satunya gol yang tercipta di babak pertama. Babak kedua, Porto tetap melancarkan tekanan ke pertahanan Liverpool.
Bola-bola crossing menjadi tumpuan dari Porto untuk membuat gol. Namun, penyelesaian akhir yang kurang baik membuat Porto sangat kesulitan.
Porto juga memiliki kesempatan melalui tendangan jarak jauh. Tapi, upaya dari Herrera masih bisa diamankan Alisson.
Porto yang terus menekan malah kembali kebobolan melalui serangan balik. Tepatnya di menit ke-65 Salah berhasil membuat gol kedua untuk Liverpool setelah sukses mengonversi umpan Trent Alexander-Arnold.
ADVERTISEMENT
Porto yang tertinggal dua gol akhirnya bisa memperkecil kedudukan di menit ke-69. Eder Militao sukses menanduk bola hasil umpan sepak pojok Alex Telles.
Skor pun kembali berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Liverpool. Diperkecilnya keadaan membuat Liverpool kembali melakukan tekanan. Mane hampir membuat gol. Namun, usahanya yang sudah melewati Iker Casillas gagal berbuah gol.
Pepe vs Origi. Foto: Reuters/Andrew Boyers
Upaya Liverpool untuk menjauh akhirnya tiba di menit ke-77. Pemain pengganti yakni Roberto Firmino yang membuat gol usai memanfaatkan umpan silang Jordan Henderson.
Liverpool seakan tak puas dengan tiga gol. Di menit ke-85 pasukan Juergen Klopp kembali membuat gol. Kali ini Van Dijk yang mengoyak jala gawang Porto usai memanfaatkan sepak pojok Milner.
Skor berubah menjadi 4-1. Gol Van Dijk menjadi yang terakhir di pertandingan ini, Liverpool pun menang dan berhak lolos ke semifinal.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·