kumparan
20 Sep 2019 1:54 WIB

Liga Europa: Arsenal Patahkan Perlawanan Eintracht

Pertandingan Liga Europa antara Arsenal dan Eintracht Frankfurt. Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach
Arsenal berhasil mematahkan perlawanan Eintracht Frankfurt di laga perdana Grup F Liga Europa, Kamis (19/9/2019) malam WIB. Bermain di markas Eintracht, Arsenal menggulung tuan rumah dengan skor 3-0.
ADVERTISEMENT
Gol-gol Arsenal diciptakan oleh Joe Willock (38'), Bukayo Saka (85'), dan Pierre-Emerick Aubameyang (87').
***
Unai Emery melakukan rotasi besar-besaran pada timnya—sesuatu yang wajar, mengingat Liga Europa, well, adalah kompetisi kelas dua. Pemain-pemain muda seperti Joe Willock, Emile Smith-Rowe, dan Bukayo Saka diturunkan sejak awal. Begitu juga pemain-pemain cadangan seperti Calum Chambers, Shkodran Mustafi, dan Emiliano Martinez.
Meskipun begitu, ada beberapa pemain utama yang tetap diturunkan Emery. Yang paling menarik perhatian adalah sang juru gedor, Pierre-Emerick Aubameyang. Selain Aubameyang, ada juga Granit Xhaka, Lucas Torreira, Sead Kolasinac, dan David Luiz.
Pertandingan bermula sama imbangnya. Eintracht mendapatkan peluang perdana lewat sepakan Djibril Sow pada menit keempat. Namun, tembakan sang gelandang masih mengarah langsung ke Martinez.
ADVERTISEMENT
Selang semenit, giliran Arsenal yang mendapat kesempatan. Saka mengirimkan umpan silang panjang, yang kemudian jatuh ke kaki Torreira. Sayangnya, gelandang bertahan asal Uruguay itu kurang kalem untuk mengarahkan bola ke gawang Kevin Trapp.
Dua peluang di lima menit perdana laga ini menunjukkan bagaimana pertandingan kemudian berjalan. Kedua tim saling bertukar peluang.
Menariknya, baru di menit ke-37 gol tercipta. Arsenal menjadi tim yang melakukan itu lewat kaki Willock. Gelandang berusia 20 tahun itu memanfaatkan umpan terobosan Saka, yang berhasil mengelabui dua pemain Eintracht. Sepakan Willock memang sempat terdefleksi, tetapi papan skor tidak peduli.
Jelang babak pertama usai, Arsenal nyaris kebobolan. Penyerang Eintracht yang dipinjam dari AC Milan, Andre Silva, melepas tembakan mendatar yang akurat. Namun, Martinez berhasil melakukan penyelamatan yang gemilang.
ADVERTISEMENT
Bagi Eintracht, Martinez memang menjadi sosok yang cukup menyebalkan. Kiper asal Argentina itu berhasil mematahkan empat tembakan yang mengarah ke gawangnya di babak pertama.
Di satu sisi, Arsenal mesti berterima kasih kepada Martinez, sekaligus penyelesaian akhir Eintracht yang kurang oke. Pasalnya, mereka tertinggal di beberapa aspek fundamental, seperti penguasaan bola (48%-52%) dan jumlah tembakan (7-14).
Babak kedua tak jauh berbeda dengan babak pertama. Tempo pertandingan tetap cepat. Eintracht langsung mendapat peluang di menit ke-47 lewat sundulan Dost yang masih sedikit melebar.
Empat menit kemudian, giliran Arsenal yang nyaris mencetak gol. Willock memberikan sodoran yang matang kepada Aubameyang. Namun, bek Eintracht, Martin Hinteregger, mampu memblok tendangan sang penyerang.
ADVERTISEMENT
Arsenal lagi-lagi nyaris menambah gol. Di menit ke-56, eksekusi tendangan bebas Xhaka dari sisi kanan penyerangan Arsenal membentur mistar gawang Eintracht.
Memasuki menit ke-79, petaka menimpa Eintracht. Sang gelandang bertahan, Dominik Kohr, mesti menerima kartu kuning kedua di laga ini setelah melanggar Saka.
Saka dan Xhaka. Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach
Tujuh menit jelang waktu normal berakhir, Aubameyang memiliki kesempatan untuk menyudahi perlawanan Eintracht. Namun, sontekan penyerang asal Gabon dari jarak tiga meter itu luput.
Untungnya, Arsenal punya Saka. Di menit ke-85, penyerang sayap berusia 18 tahun itu berhasil mencetak gol lewat sepakan melengkung dari luar kotak penalti.
Selang dua menit, Saka, yang tampil luar biasa di laga ini, kembali menjadi aktor dari gol Arsenal. Ia sukses merebut bola dari David Abraham, dan melepas operan ke Aubameyang. Berada dalam situasi satu lawan satu, Aubameyang tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut.
ADVERTISEMENT
Dua gol Arsenal di lima menit terakhir meruntuhkan Eintracht. Sang tuan rumah gagal meminimalisir kerusakan, dan Arsenal sukses menang dengan skor 3-0.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan