Pencarian populer

Liga Europa: Chelsea dan Napoli Amankan Tiket Perempat Final

Olivier Giroud merayakan golnya ke gawang Dynamo Kyiv. Foto: REUTERS/Valentyn Ogirenko

Chelsea mengamuk di markas Dynamo Kyiv, Stadion NSK Olimpiyskiy. Melakoni leg kedua babak 16 besar Liga Europa 2018/19 pada Jumat (15/3/2019) dini hari WIB, The Blues menang telak dengan skor 5-0.

Olivier Giroud tampil gemilang di laga ini usai mencatatkan hat-trick di menit 5, 33, dan 59. Dua gol Chelsea selanjutnya disumbangkan oleh Marcos Alonso di menit 45+1, dan Callum Hudson-Odoi menit 78. Dengan hasil ini, Chelsea memastikan satu tiket ke perempat final Liga Europa usai unggul agregat akhir 8-0.

***

Meski datang dengan keunggulan 3-0, Maurizio Sarri tetap memasang pemain terbaiknya di lini serang seperti Willian, Olivier Giroud, Ruben Loftus-Cheek, dan Callum Hudson-Odoi sejak awal dalam skema 4-2-3-1. Sedangkan N'Golo Kante dan Mateo Kovacic menjaga lini tengah.

Sementara, pelatih Aleksandr Khatskevich juga memasang pola 4-2-3-1 di kubu Kyiv. Kali ini Denys Harmash yang dipilih menjadi penyerang tunggal. Pemain berusia 28 tahun itu dibantu oleh Vitaly Buyalsky, Mykola Shaparenko, dan Viktor Tsigankov.

Jalannya laga sempat alot di awal babak pertama. Tapi, Chelsea yang buntu saat menyerang di skema open play, bisa memanfaatkan bola mati di menit empat. Sepak pojok Willian disambut oleh Loftus-Cheek, bola hasil sundulannya kemudian diteruskan Giroud dengan sontekan kaki kiri untuk membawa Chelsea unggul.

Serangan 'Si Biru' terus mengalir setelahnya. Sepakan Loftus-Cheek di menit 11 dan Giroud semenit berselang masih digagalkan kiper. Giroud akhirnya mampu mencetak gol keduanya di laga ini pada menit 33. Berawal dari umpan silang Marcos Alonso di sisi kiri, pemain asal Prancis itu meneruskan bola dengan tendangan kaki kanan.

Jelang turun minum, Chelsea mampu menambah keunggulan lewat Alonso. Berawal dari operan satu dua antara Hudson-Odoi dan Giroud, Odoi melepas umpan silang yang disambut Alonso dengan sontekan kaki kiri.

Di awal babak kedua, Kyiv sebetulnya bisa memberi perlawanan yang ditandai dengan sepakan Volodymyr Shepelev yang diselamatkan Kepa Arrizabalaga pada menit 50. Semenit berselang, giliran percobaan Serhiy Sydorchuk yang digagalkan Kepa.

Namun, pertahanan Kyiv justru semakin kendor setelah intens menyerang. Alhasil, Giroud mencetak gol ketiganya di menit 59 usai meneruskan tendangan bebas Willian. Dua menit kemudian, Alonso hampir saja mencetak gol keduanya jika tendangan bebasnya tak digagalkan kiper Kyiv, Denys Boyko.

Pertahanan Kyiv akhirnya runtuh kembali di sisa 12 menit laga setelah Hudson-Odoi mencatatkan namanya di papan skor. Lesakan pemain berusia 18 tahun itu menjadi gol terakhir di laga ini yang menandakan Chelsea menang dengan skor 5-0.

Para pemain Napoli merayakan gol Milik ke gawang Salzburg. Foto: REUTERS/Leonhard Foeger

Sementrara itu, kemenangan Salzburg atas Napoli dengan skor 3-1 di Red Bull Arena berujung sia-sia karena pada akhirnya tim asal Austria tersebut tetap tersingkir dari Liga Europa. Pasalnya, Napoli unggul dengan agregat akhir 4-3 usai menang telak 3-0 di leg pertama.

Napoli bisa unggul lebih dulu di menit 14 lewat Arkadiusz Milik, sebelum Salzburg membalas tiga gol via Munas Dabbur di menit 25, Fredrik Gulbrandsen menit 65, dan Christoph Leitgeb menit 90+1.

Carlo Ancelotti tetap menurunkan nama-nama terbaik di susunan 11 pemain awal Napoli. Dalam skema 4-4-2, Dries Mertens dan Arkadiusz Milik berduet di lini serang yang ditopang oleh Fabian Ruiz dan Allan. Sementara, Piotr Zielinski dan Jose Maria Callejon bertugas menyisir sektor sayap.

Kendati datang dengan skuat terbaiknya, bukan berarti Napoli bisa leluasa menguasi jalannya pertandingan. Selama 9 menit babak pertama berjalan tak ada satu pun percobaan yang dilepaskan. Barulah di menit 10, sundulan Milik usai menerima sepak pojok bikin kiper Salzburg, Alexander Walke, melakukan penyelamatan.

Empat menit berselang, Napoli akhirnya memecah kebuntuan usai Milik memperdayai Walke saat berhadapan satu lawan satu. Salzburg merespons ketertinggalan ini dengan meningkatkan intensitas serangan dan akhirnya menyamakan skor di menit 25 via gol Munas Dabbur.

Tiga menit berselang, Napoli punya kans unggul kembali, tetapi tendangan jarak jauh Ruiz masih ditepis Walke. Setelahnya, Salzburg justru yang lebih banyak menyerang. Meski begitu, tak ada gol tambahan mereka ciptakan hingga turun minum.

Napoli langsung tancap gas lagi saat babak kedua dimulai, Milik mendapat peluang di menit 47 lewat tendangan bebas, tapi bisa digagalkan Walke. Salzburg kembali mengendalikan pertandingan setelahnya dan berbalik unggul pada menit 65 via gol Fredrik Gulbrandsen usai menerima umpan Andreas Ulmer.

Salzburg terus berupaya menambah gol, tetapi tendangan Takumi Minamino dan André Ramalho bisa digagalkan Alex Meret. Upaya mereka membuahkan hasil lagi di masa injury time lewat gol pemain pengganti, Christoph Leitgeb. Tapi, tak ada gol tambahan tercipta. Kemenangan 3-1 Salzburg pun tak bisa menolong mereka karena kalah agregat 3-4.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60