kumparan
8 Mar 2019 5:04 WIB

Liga Europa: Chelsea dan Napoli Raih Kemenangan di Kandang

Pedro Rodriguez usai mencetak gol ke untuk Chelsea. Foto: REUTERS/Eddie Keogh
Laga leg pertama babak 16 besar Liga Europa berhasil dilalui dengan baik oleh Chelsea. Berlaga di Stamford Bridge menghadapi Salzburg, Jumat (8/3/2019) dini hari WIB, Chelsea menang dengan skor 3-0.
ADVERTISEMENT
Gol-gol Chelsea di laga kali ini dihasilkan oleh Pedro Rodriguez di menit ke-17, lalu Willian di menit ke-56. Chelsea menutup gol lewat kaki Callum Hudson-Odoi di menit ke-90.
Banyak perubahan yang dilakukan oleh Maurizio Sarri dalam susunan 11 pemain utamanya. Anthony Ruediger, Cesar Azpilicueta, N'golo Kante, dan Eden Hazard tak main sejak awal.
Sebagai ganti, eks pemain Napoli itu memainkan Davide Zappacosta, Andreas Christensen, Mateo Kovacic, dan Willian Borges. Pola 4-3-3 tetap dipilih oleh Sarri di laga kali ini.
Adapun Kyiv, tampil dengan pola 4-2-3-1 di pertandingan kali ini. Nazariy Rusyn menjadi penyerang tunggal. Dirinya dibantu Vitaly Buyalsky, Mykola Shaparenko, dan Viktor Tsigankov.
Laga dikuasai Chelsea sejak wasit meniup peluit kick off. Pedro dan Willian menjadi kunci serangan The Blues di laga kali ini.
ADVERTISEMENT
Benar saja, pada menit ke-18 Pedro berhasil membuat Chelsea unggul. Melakukan kerja sama satu dua dengan Olivier Giroud, Pedro menutupnya dengan sepakan yang tak bisa dihalau Denys Boyko. Keunggulan 1-0 ini bertahan hingga babak pertama selesai.
Di babak kedua, Chelsea melakukan banyak perubahan. Kante dan Loftus-Cheek dimainkan lalu menarik keluar Barkley dan Jorginho.
Chelsea pun semakin agresif melakukan tekanan. Gol kedua yang ditunggu akhirnya tercipta pada menit ke-65. Melalui tendangan bebas ciamik, Willian mampu membuat Chelsea unggul 2-0.
Menjelang pertandingan berakhir atau tepatnya di menit ke-90 Chelsea bisa membuat gol ketiga. Kali ini Callum Hudson-Odoi yang mencetak gol setelah memanfaatkan assist Loftus-Cheek.
Pertandingan pun berakhir dengan keunggulan Chelsea 3-0
Napoli Berpesta di San Paolo
ADVERTISEMENT
Di tempat lain, Napoli juga sukses mengalahkan lawannya dari Austria, Salzburg. Bermain di San Paolo, pasukan Carlo Ancelotti menang dengan skor 3-0. Arkadiusz Milik membuka keunggulan di menit ke-10, Fabian Ruiz menambahnya delapan menit kemudian. Gol bunuh diri Jerome Onguene di menit ke-58 menjadi yang terakhir di laga ini.
Napoli memang menampilkan kekuatan terbaiknya kali ini. Milik dan Dries Mertens menjadi duet di lini depan. Di tengah, Allan, Fabian Ruiz, Jose Callejon, dan Piotr Zielinski menjadi motor serangan Napoli.
Sementara, Salzburg juga tampil dengan pola 4-4-2. Munas Dabbur dan Patson Daka menjadi penyerang di depan.
Diadie Samassekou dan Hannes Wolf menjadi penyeimbang di lini tengah Salzburg. Lalu Xaver Schlager dan Zlatko Junuzovic tampil di kedua sisi.
ADVERTISEMENT
Napoli memulai pertandingan dengan agresif. Laga baru berjalan 10 menit Milik sukses menyarangkan bola memanfaatkan umpan Mertens. Skor 1-0 hanya bertahan delapan menit.
Kegembiaraan para penggawa Napoli. Foto: REUTERS/Ciro De Luca
Karena setela itu Fabian Ruiz mampu membuat gol kedua Napoli. Menerima umpan Callejon, Ruiz melakukan tendangan voli yang mengoyak jala gawang Salzburg.
Kedudukan 2-0 menjadi akhir jalannya babak pertama. Di babak kedua, Napoli berhasil menambah gol lagi.
Kesalahan Onguene dalam mengantisipasi umpan Mario Rui menjadi petaka buat Salzburg. Bola masuk ke gawang dan membuat skor menjadi 3-0. Hasil ini bertahan hingga pertandingan bubar.
Berikut hasil lengkap leg pertama babak 16 besar Liga Europa.
Dinamo Zagreb 1-0 Benfica
Eintracht Frankfurt 0-0 Inter Milan
Rennes 3-1 Arsenal
ADVERTISEMENT
Sevilla 2-2 Slavia Prague
Zenit St. Petersburg 1-3 Villarreal
Chelsea 3-0 Dynamo Kyiv
Napoli 3-0 Salzburg
Valencia 2-1 FC Krasnodar.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·