kumparan
15 Mar 2019 21:09 WIB

Lloris Percaya Spurs Mampu Tandingi Manchester City

Kapten dan kiper Spurs, Hugo Lloris. Foto: Reuters/Jason Cairnduff
Tottenham Hotspur mesti berhadapan dengan tim asal Inggris lainnya, Manchester City, di babak perempat final Liga Champions musim 2018/2019. Bagi kapten Spurs, Hugo Lloris, kehebatan City tak membuat dirinya dan rekan setimnya gentar. Alih-alih, Lloris yakin Spurs mampu menandingi City.
ADVERTISEMENT
Di atas kertas, kualitas City mungkin lebih baik ketimbang Spurs. Buktinya dapat dilihat dari banyak hal. Yang pertama tentu posisi kedua tim ini di klasemen Premier League. City mampu duduk di pucuk klasemen Premier League, selisih 13 poin dengan Spurs yang berada di peringkat ketiga.
Yang kedua adalah rekor Spurs yang kurang baik ketika menghadapi City, terutama dalam beberapa pertemuan terakhir. Dalam lima pertemuan terakhir Spurs dengan City di Premier League, The Lilywhites hanya mampu meraih satu kemenangan. Bahkan, di tiga pertemuan terakhir, Spurs selalu menelan kekalahan.
Tak heran misalkan Spurs jeri ketika melihat hasil undian yang dilakukan oleh Julio Cesar di Nyon, Swiss, hari Jumat (15/3/2019). Namun, Lloris justru merasakan hal yang sebaliknya. Lloris menyebutkan bahwa hasil yang Spurs dapatkan di pertandingan fase grup dan babak 16 besar menjadi bukti bahwa timnya mampu untuk mengimbangi tim yang disebut-sebut lebih baik.
ADVERTISEMENT
“Semuanya mungkin terjadi apabila kami memiliki kepercayaan dan mentalitas yang tepat. Kami telah membuktikan di pertandingan musim lalu melawan Real Madrid dan Borussia Dortmund. Musim ini, kami juga mampu menandingi Internazionale Milano dan Barcelona di kandang mereka. Setelah itu, kami juga butuh keberuntungan dan semangat tim,” ujar Lloris seperti dilansir situs resmi UEFA.
Duel Tottenham Hotspur vs Borussia Dortmund di Wembley. Foto: Matthew Childs/Reuters
Pada Liga Champions musim lalu, Spurs memang secara luar biasa mampu memuncaki grup yang dihuni oleh Madrid dan Dortmund, tanpa menderita satu pun kekalahan. Melawan Madrid, yang menjadi juara, Spurs berhasil meraih hasil imbang ketika bermain tandang, dan menang dengan skor 3-1 di kandang.
Di Liga Champions musim ini, perjalanan skuat asuhan Mauricio Pochettino pun tak mudah. Spurs tergabung dengan Barcelona dan Inter di fase grup. Hebatnya, Harry Kane dkk mampu menahan imbang Barcelona di Camp Nou, dan mengalahkan Inter di kandang sendiri.
ADVERTISEMENT
Dortmund, yang menjadi lawan Spurs di babak 16 besar lalu, pun bukan tim yang kualitasnya buruk. Namun, The Lilywhites mampu menang dalam dua pertandingan. 3-0 di pertandingan leg pertama yang berlangsung di kandang, dan 1-0 ketika bermain tandang.
Duel udara yang melibatkan pemain City dan Spurs. Foto: Andrew Couldridge/Reuters
Kalau Spurs mampu membawa form baiknya ke laga melawan City, maka pasukan yang dipimpin Pep Guardiola mesti berhati-hati. Pasalnya, City memiliki rekor yang tak menawan ketika berjumpa tim Inggris di kompetisi Eropa. Kekalahan dari Liverpool di perempat final lalu tentu menjadi bukti yang termutakhir.
Dari situ, Guardiola pun menyatakan bahwa pertemuan melawan Spurs bukan lah pertandingan yang berat sebelah.
“Kami tahu satu sama lain dengan baik. Peluang kami dan mereka (Spurs) sama. Kami dan Spurs adalah dua tim yang memiliki pemain dan stadion yang luar biasa. Pertandingan melawan mereka akan menjadi tontonan yang menyenangkan,” ujar Guardiola.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan