kumparan
12 Jun 2018 4:01 WIB

Lukaku Cetak 2 Gol, Belgia Hancurkan Kosta Rika

Selebrasi gol Timnas Belgia ke gawang Kosta Rika. (Foto: Francois Walschaerts/Reuters)
Modal positif dipetik Tim Nasional (Timnas) Belgia sebelum berangkat ke Rusia untuk melakoni Piala Dunia 2018. Pasukan Roberto Martinez menang 4-1 atas Kosta Rika pada uji tanding pamungkas menjelang turnamen tersebut, Selasa (12/6/2018) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Kemenangan Timnas Belgia di Stade Roi Baudouin, Brussel, ini ditentukan oleh ketajaman lini serang mereka. Romelu Lukaku mencetak dua gol dan sisanya berkat Dries Mertens serta Michy Batshuayi. Sementara itu, Kosta Rika cuma membalas via Bryan Ruiz.
***
Meski laga sekadar bertajuk persahabatan, Martinez tetap menurunkan komposisi terbaik, terutama di depan. Hadir duet Dries Mertens-Eden Hazard sebagai penopang Romelu Lukaku, sang striker tunggal, dalam formasi 3-4-2-1.
Skema serupa diusung oleh pelatih Oscar Ramirez di kubu Kosta Rika. Sorotan lebih tentu tertuju kepada Keylor Navas, yang membawa Real Madrid juara Liga Champions tiga kali beruntun, di bawah mistar Los Ticos.
Navas membuktikan kelasnya di awal laga. Dia sempat melakukan dua penyelamatan terhadap dua peluang dari Hazard dan Lukaku dalam 20 menit pertama. Sisanya masih ada sejumlah kans dari Belgia, tetapi upaya mereka kerap melebar atau melambung di atas mistar.
ADVERTISEMENT
Pertahanan solid. Lini depan Kosta Rika juga tampil efektif dalam fase ini. Memasuki menit ke-24, mereka mencuri keunggulan via Bryan Ruiz, yang memanfaatkan bola sapuan kurang sempurna dari Jan Vertonghen.
Namun, penampilan apik Kosta Rika hanya bertahan 30 menit. Dimulai dengan gol Mertens memanfaatkan servis Hazard saat paruh pertama menyisakan 15 menit, Belgia bangkit.
Kemudian, pada menit ke-42, Mertens berganti lakon dengan memberikan pelayanan kepada Lukaku. Bola umpan silang dari kiri disambut Lukaku dengan tendangan first time unutuk membawa Belgia unggul. Skor 2-1 bertahan sampai babak pertama rampung.
Seusai jeda, Martinez menjajal sejumlah pemain dari bangku cadangan, salah satunya Nacer Chadli yang menggantikan Thomas Meunier di sayap kanan. Hasilnya pun positif karena Chadli menyumbangkan satu assist.
ADVERTISEMENT
Hanya lima menit berada di lapangan, Chadli menunjukkan impak dengan sebuah umpan silang dari kanan yang diteruskan dengan sontekan jarak dekat Lukaku.
Chadli bukanlah satu-satunya pemain pengganti Belgia yang memberikan kontribusi positif. Masih ada Batshuayi yang mengambil tempat Mertens terhitung dari menit ke-54.
Berduet dengan Lukaku di lini depan, Batshuayi membuktikan bahwa dirinya klop. Terlihat dari gol striker yang dipinjamkan Chelsea ke Borussia Dortmund itu pada menit ke-64. Alih-alih mengejar hat-trick, Lukaku malah mengalihkan peluang emas di depan gawang demi dituntaskan oleh Batshuayi.
Lesakan Batshuayi sekaligus menjadi yang terakhir dalam pertandingan ini. Belgia pun menang 4-1 sekaligus menggenapkan catatan tak terkalahkan menjadi 19 laga di lintas ajang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan