Pencarian populer

Malcom Langsung Jadi Pemain Utama? Tunggu Dulu

Malcom saat diperkenalkan sebagai pemain Barcelona. (Foto: Reuters/Albert Gea)

Malcom boleh jadi merupakan pemain dengan kisah transfer terheboh pada bursa musim panas 2018. Namun, di klub anyarnya, Barcelona, pemuda asal Brasil itu belum tentu bisa langsung menjadi pemain inti.

Awalnya, Malcom sudah hampir dipastikan akan menjadi pemain baru Roma yang memang tengah melakukan peremajaan skuat di bawah arahan Monchi. Hal ini terjadi setelah Bordeaux, klub Malcom musim lalu, dan Roma sendiri mengumumkan kesepakatan mereka ihwal kepindahan pemain berusia 21 tahun tersebut.

Namun, seperti yang dituturkan Monchi dalam wawancara bersama Roma TV, agen Malcom tiba-tiba saja membatalkan kesepakatan yang telah dijalin. Ketika Monchi menelepon Presiden Bordeaux, Stephane Martin, pun dia mendapat jawaban yang sama. Usut punya usut, Malcom telah dibajak oleh Barcelona.

Malcom pun kemudian terbang ke Barcelona untuk menyelesaikan transfer senilai 41 juta euro yang jumlahnya bisa bertambah di kemudian hari. Pemain yang biasa bermain sebagai penyerang sayap kanan ini, pada Minggu (29/7/2018) pagi WIB, telah menjalani debut tak resmi pada pertandingan International Champions Cup (ICC) menghadapi Tottenham Hotspur.

Pada pertandingan yang dilangsungkan di Rose Bowl, Pasadena, California, tersebut Malcom masuk sebagai pemain pengganti. Di babak adu penalti, alumnus Akademi Corinthians itu sukses mencetak satu gol yang berkontrbusi atas kemenangan timnya.

Kendati demikian, sejak sebelum laga melawan Tottenham dimulai, Malcom sendiri sudah diwanti-wanti oleh pelatih Barcelona, Ernesto Valverde Tejedor. Menurut mantan entrenador Athletic Club itu, Malcom harus bekerja keras untuk bertarung memperebutkan tempat di tim utama.

"Kami sudah mengikuti perkembangannya dalam beberapa waktu terakhir dan kami sudah mengenal pemain seperti apa dirinya. Namun, untuk bisa menembus sebelas awal, semua tergantung pada apa yang dilakukan seorang pemain dan pada akhirnya pelatihlah yang memutuskan," ujar Valverde seperti dikutip dari Reuters.

Malcom dalam laga debut tak resminya untuk Barcelona. (Foto: USA Today via Reuters/Mark J. Rebilas)

Valverde merasa perlu memberi wejangan ini kepada Malcom karena menurutnya, tidak semua pemain bisa mengatasi tuntutan yang didapat ketika bermain untuk sebuah klub besar. Apalagi, pesaing Malcom di lini depan Barcelona pun bukan nama sembarangan, yakni Philippe Coutinho, Ousmane Dembele, serta Luis Suarez.

"Di Barcelona kami tidak cuma harus menjuarai Liga Champions, melainkan semua kompetisi yang diikuti," tegas pria 54 tahun tersebut. "Bermain di sini sama sekali bukan perkara mudah."

Barcelona sendiri bakal memulai musim 2018/19 secara resmi pada 13 Agustus dalam laga Supercopa de Espana menghadapi Sevilla. Namun, sebelum itu mereka akan terlebih dahulu melakoni dua laga ICC lagi. Yang menarik, sebelum menghadapi Milan pada 5 Agustus, Barcelona akan terlebih dahulu menjalani 'Derbi Malcom' menghadapi Roma pada 1 Agustus.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57