kumparan
2 Jan 2019 1:46 WIB

Mane, Salah, dan Aubameyang Jadi Finalis Pemain Terbaik Afrika 2018

Mohamed Salah dan Sadio Mane bersalaman. (Foto: Action Images via Reuters/John Sibley)
Prestasi individu berpeluang diraih oleh Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Pierre-Emerick Aubameyang. Apa pasal? Ketiganya jadi finalis Pemain Terbaik Afrika 2019.
ADVERTISEMENT
Melihat sejarahnya, gelar Pemain Terbaik Afrika pada awalnya dianugerahkan oleh France Football kepada para pemain Afrika yang tampil di Eropa sejak 1974 hingga 1994. Namun sejak 1995, gelar Pemain Terbaik Afrika bukan lagi diberikan oleh France Football, tetapi oleh Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF).
Alasannya, gelar Ballon d'Or Sudah terbuka bagi para pemain non-Eropa yang bermain di Eropa sejak 1995. George Weah menjadi pemain pertama yang mengawali tren tersebut, tepatnya pada 1995.
Sementara, penganugerahan Pemain Terbaik Afrika masih berlangsung sampai 2018 lalu. Nwankwo Kanu, El Hadji Diouf, Samuel Eto'o, Didier Drogba, dan Yaya Toure--adalah contoh pemain yang pernah dianugerahi gelar ini.
Penyerang milik Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang. (Foto: Reuters/Matthew Childs)
Uniknya, Salah, Mane, dan Aubameyang menjadi finalis 2017. Salah keluar sebagai pemenang berkat penampilan apiknya bersama Liverpool dan Timnas Mesir--termasuk mengantarkan Liverpool ke partai final Liga Champions serta membantu Mesir lolos Piala Dunia 2018.
ADVERTISEMENT
Sempat melempem di awal musim, penampilan apik Salah bersama Liverpool membuatnya berpotensi mempertahankan gelar. Namun, ancaman datang dari rekan setim Salah, yaitu Mane. Sama seperti Salah, Mane pun mampu tampil apik bersama Liverpool sepanjang paruh musim 2018/19. Berpredikat sebagai 'runner-up' tahun lalu, Mane berpeluang besar menggeser Salah pada tahun ini.
Bukan cuma dari Mane, ancaman juga hadir dari sesama pemain yang mentas di Premier League, Aubameyang. Sempat tampil inkonsisten, Aubameyang mulai menunjukkan diri sebagai juru gedor andal bagi 'Meriam London' sejak awal 2018/19. Total, sudah 15 gol dibukukan oleh Auba dari 25 laganya bersama Arsenal di lintas kompetisi.
Jika Salah kembali menyabet gelar Pemain Terbaik Afrika, maka ia akan menyamai catatan El Hadji Diouf (Senegal), Yaya Toure (Pantai Gading), dan Samuel Eto'o (Kamerun) yang mampu meraih gelar Pemain Terbaik Afrika dalam dua tahun berturut-turut. Adapun, pemenang gelar Pemain Terbaik Afrika ini akan diumumkan dalam acara penganugerahan yang digelar di Dakar, Senegal, pada 8 Januari 2019.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan