Pencarian populer

Mengapa Todd Rivaldo Ferre Baru Masuk pada Menit ke-74?

Todd Rivaldo Ferre (22) bermain gemilang ketika Timnas U-19 kalah dari Qatar U-19 dengan skor 5-6 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (21/10). (Foto: Dok. AFC)

Bermain hanya 16 menit, Todd Rivaldo Ferre gagal menunjukkan sinarnya saat Timnas U-19 dikalahkan Jepang U-19 dengan skor 0-2. Berlaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (28/10/2018), Valdo--sapaan akrabnya--tak mampu menembus rapatnya pertahanan lawan seperti yang ditunjukkan pada laga-laga sebelumnya.

Harus diakui, minimnya menit bermain, diyakini menjadi salah satu alasan di balik tak bersinarnya Valdo. Ia baru dimasukkan ketika laga menginjak menit ke-74 untuk menggantikan Kadek Raditya.

Hal tersebut berbeda dari kebiasaan yang dilakukan oleh pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri. Pasalnya, Indra hampir selalu memasukkan Valdo tepat selepas turun minum. Salah satu penampilan terbaik Valdo ialah dengan mencetak tiga gol ketika menghadapi Qatar U-19 pada fase grup lalu.

Namun, Indra memiliki alasan tersendiri mengapa hanya memberikan Valdo menit bermain selama 14 menit. Hal itu, lanjut Indra, tak lepas dari kondisi kesehatan sang pemain.

"Apakah saya terlambat memasukkan Todd? Saya malah sebenarnya dilarang oleh dokter karena dia tadi pagi demam," ujar Indra selepas pertandingan.

"Tetapi, saya bilang ke dokter tim, saya butuh Todd main 15-20 menit. Kalah ada sesuatu yang terjadi dengan Todd di lapangan, saya akan bertanggung jawab," lanjutnya.

Indra mengatakan masuknya Todd Rivaldo Ferre tak lepas dari upayanya untuk menambah daya dobrak timnya usai ketinggalan dua gol. Akan tetapi, rencana itu juga tak berhasil mengingat Jepang bertahan sangat baik.

"Ada perubahan taktik yang kami lakukan dengan menarik keluar bek dengan gelandang (Todd). Karena kami butuh attacking dan tidak lagi defensif," ucapnya.

"Karena mau kalah 0-2 atau 0-3 sama saja. Tapi, kalau kami melakukannya dari awal, mungkin saja hasilnya berbeda. Karena kalau menang, sejelek apa pun taktikal kami, orang bilang itu taktik yang bagus," kata Indra.

Selepas berlaga bersama Timnas U-19, Todd Rivaldo Ferre akan kembali memperkuat klubnya, Persipura Jayapura, dalam lanjutan Liga 1.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23