Pencarian populer

Mengintip Latihan Timnas Indonesia Usai Dipastikan Tersingkir

Sesi latihan Timnas Indonesia jelang hadapi Filipina di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat. (Foto: Alan Kusuma/kumparan)

Persiapan terus digenjot Timnas Indonesia dalam menatap laga pamungkas Grup B Piala AFF 2018 kontra Filipina. Akan tetapi, tak dimungkiri, ada beban yang hinggap di pundak penggawa 'Garuda'.

Musababnya tak lepas dari hasil laga Filipina vs Thailand pada Rabu (21/11/2018) lalu. Ya, kala kedua kesebelasan menyudahi pertandingan dengan skor 1-1, hasil ini sekaligus mengonfirmasi kegagalan Timnas Indonesia ke babak semifinal.

Saat ini, Timnas Indonesia berada di posisi keempat klasemen Grup B dengan tiga poin dari satu kemenangan dan dua kali kalah. Dengan begitu, hasil melawan Filipina pada Sabtu (25/11) mendatang, tak lagi menentukan karena poin Thailand dan Filipina sudah tak lagi terkejar (7 poin).

Timnas Indonesia menggelar sesi latihan jelang pertandingan melawan Filipina di Stadion Madya, Senayan. (Foto: Alan Kusuma/kumparan)

Meski telah mengetahui perjalan di Piala AFF 2018 telah usai, para pemain Timnas Indonesia tetap menjalani latihan. Berlokasi di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (22/11) pagi WIB, sebanyak 23 pemain mendapatkan tiga menu latihan dari staf kepelatihan.

Adapun dalam menu pembuka latihan para pemain menjalani sesi latihan fisik selama 15 menit dan selama 45 menit setelahnya pelatih Bima Sakti meminta agar latihan tidak mendapat sorot kamera dari awak pewarta berita.

''Kami hari ini menggelar latihan small side game, kemudian transisi dari bertahan ke menyerang dan sebaliknya. Ini melanjutkan materi latihan kemarin,'' kata Bima.

Timnas Indonesia menggelar sesi latihan jelang pertandingan melawan Filipina di Stadion Madya, Senayan. (Foto: Alan Kusuma/kumparan)

Tak banyak yang disampaikan Bima usai mendamping latihan. Pelatih asal Balikpapan paham sorotan tajam kini tengah diarahkan kepada skuat asuhannya usai dipastikan tersingkir dari Piala AFF tahun ini.

Bima mengakui bahwa kondisi tim saat ini memang tak kondusif. Akan tetapi, lanjut Bima, para pemain kini sudah mulai bisa menerimanya.

''Kecewa dan sedih. Pas makan malam, kami semua nonton bareng. Melihat wajah mereka memang sedih sekali,'' ujar Bima.

Timnas Indonesia menggelar sesi latihan jelang pertandingan melawan Filipina di Stadion Madya, Senayan. (Foto: Alan Kusuma/kumparan)

''Saya sampaikan kepada mereka semua, ini tanggung jawab saya sebagai pelatih. Mohon maaf kepada masyarakat pencinta sepak bola Indonesia dengan kegagalan ini. Saya sampaikan ke pemain kami masih ada satu pertandingan, saya harap di pertandingan terakhir bisa menang,'' katanya.

Sepanjang perhelatan Piala AFF, Timnas Indonesia sudah tercatat empat kali gagal melaju ke semifinal yakni pada edisi 2007, 2012, 2014, dan 2018.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.32