Pencarian populer

Mereka yang Membantu Hierro di Piala Dunia 2018

Hierro (kanan) di latihan Timnas Spanyol. (Foto: PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Tim Nasional (Timnas) Spanyol tengah kacau balau. Namun, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) tak ingin kekacauan itu berlarut-larut dan, karenanya, mereka segera berbenah.

Usai memecat Julen Lopetegui dari kursi pelatih pada Rabu (13/6/2018) petang WIB, tak lama setelahnya RFEF langsung menunjuk Fernando Hierro sebagai pelatih anyar. Hierro yang mengisi tugas Lopetegui untuk menukangi Andres Iniesta dan kolega di Piala Dunia 2018.

Lantas, setelah menunjuk Hierro, Spanyol pun menunjuk nama-nama yang disiapkan untuk membantu legenda Real Madrid itu di Rusia. Tercatat, ada tiga nama yang masuk dalam daftar. Mereka adalah Carlos Marchena Lopez, Julian Calero Fernandez, dan Juan Carlos Martinez Castrejon.

Untuk Marchena, dia bertugas sebagai federative liaison. Dengan pengalamannya sebagai kampiun Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010, eks pemain belakang Valencia itu diharapkan mampu menjaga stabilitas mental para pemain Spanyol.

Untuk Fernandez, sebagai orang kepercayaan Hierro, dia ditunjuk selaku asisten pelatih. Dan ini bukan untuk pertama kalinya keduanya bersama. Kala Hierro menukangi Real Oviedo, Fernandez juga orang yang ditunjuknya sebagai asisten.

Terakhir, Castrejon. Pria kelahiran 1966 itu akan bertugas sebagai pelatih fisik Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018 nanti. Pengalamannya di pelbagai klub membuat Castrejon dipercaya menjaga stamina dan kebugaran pasukan La Furia Roja.

Ketiga sosok itu diharapkan mampu membantu Hierro untuk membawa Spanyol berprestasi di Rusia. Terlebih, dengan situasi kalut seperti ini, Spanyol membutuhkan tim pelatih yang tak hanya andal, tetapi juga adaptif.

Eks pelatih Timnas Spanyol, Julen Lopetegui. (Foto: Juan Medina/Reuters)

Situasi kalut itu sendiri ditengarai bermula dari keputusan Lopetegui menerima pinangan Madrid ketika dia tengah bertugas di Rusia bersama Spanyol. Ditambah lagi, eks pelatih FC Porto itu baru bulan lalu menandatangani kontrak hingga 2020.

Tak pelak, keputusan itu membuat Luis Rubiales selaku Presiden RFEF berang dan kemudian memecat Lopetegui. Rubiales menegaskan bahwa apa yang dilakukan Lopetegui tak bisa dibenarkan dan dia berani mengambil risiko mengganti pelatih hanya dua hari sebelum laga pertama dimulai.

Ya, Spanyol akan memulai kiprah mereka di Piala Dunia 2018 menghadapi Portugal pada Sabtu (16/6/2018) pukul 01:00 dini hari WIB mendatang.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: