kumparan
27 Sep 2018 4:07 WIB

Milik Sumbang Dua Gol, Napoli Gilas Parma di Kandang

Para pemain Napoli merayakan gol. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca)
Napoli menang. Menjamu Parma dalam laga tengah pekan Serie A 2018/19 di Stadion San Paolo, Kamis (27/9/2018) dini hari WIB, Napoli sukses menang dengan skor 3-0. Tiga gol Napoli pada laga ini disumbangkan Arkadiusz Milik (dua gol) dan Lorenzo Insigne (satu gol).
ADVERTISEMENT
Berkat kemenangan ini, Napoli tetap menjaga persaingan mereka dengan Juventus di papan atas klasemen sementara Serie A. Sedangkan bagi Parma, kekalahan ini membuat mereka masih tertahan di papan tengah klasemen sementara Serie A dengan poin 7.
***
Dalam pertandingan ini, Napoli sebagai tuan rumah tidak menurunkan beberapa pemain kuncinya. Hanya Lorenzo Insigne, Allan, Piotr Zielinski, Kalidou Koulibaly, serta Arkadiusz Milik saja pemain inti yang diturunkan Carlo Ancelotti dalam laga ini. Sisanya adalah nama-nama yang cukup jarang masuk starting XI, seperti Nikola Maksimovic, Fabian Ruiz, Orestis Karnezis, serta Amadou Diawara.
Di sisi lain, Parma turun dengan kekuatan terbaiknya dalam laga ini. Ada nama Bruno Alves, Riccardo Gagliolo, Luigi Sepe, serta Roberto Inglese yang turun dalam laga ini, Tak lupa ada juga nama Massimo Gobbi, Arnato Ciciretti, Antonino Barilla, serta Alessandro Deiola yang diturunkan oleh Roberto D'Aversa untuk menghadapi Napoli dalam laga ini.
ADVERTISEMENT
Sejak babak pertama dimulai, Napoli sebagai tim tuan rumah langsung tampil agresif. Tidak tanggung-tanggung, gol perdana langsung mereka lesakkan lewat sepakan bebas Insigne pada menit 4. Napoli unggul cepat 1-0 atas Parma, dan hal ini membuat mereka bermain lebih nyaman di menit-menit berikutnya.
Setelah unggul, Napoli tidak mengendurkan tekanan. Tidak hanya lewat Insigne, Diawara dan Mario Rui juga ikut membantu memberikan tekanan dan gempuran ke lini pertahanan Parma. Tekanan ketat dari Napoli, bahkan sejak awal laga, membuat Parma tidak berkutik. Pada akhirnya, mereka hanya bisa menunggu, dan beberapa kali mencoba menyengat lewat serangan balik.
Meski Parma mampu menyengat lewat serangan balik, tekanan agresif Napoli membuat serangan balik itu mudah dimentahkan. Malah, Napoli tetap mampu menjaga aliran bola dan tetap mengatur jalannya laga. Total, Napoli mencatatkan persentase penguasaan bola sebanyak 74% dan menorehkan 9 kali tembakan ke gawang, berbanding jauh dengan Parma.
ADVERTISEMENT
Meski terus menggempur, sampai babak pertama usai, Napoli gagal menambah keunggulan. Mereka menutup babak pertama dengan skor 1-0.
Masuk babak kedua, Napoli kembali langsung menggebrak. Hampir sama dengan kejadian di babak pertama, di babak kedua ini, Napoli sukses mencetak gol kembali di awal babak. Kali ini, pada menit 47, Napoli berhasil menambah keunggulan lewat upaya Milik, memanfaatkan assist dari Insigne. Skor berubah 2-0 untuk keunggulan Napoli.
Setelah unggul dua angka, Napoli semakin nyaman bermain. Statistik bahkan menunjukkan bahwa mereka total melepas 20 kali tembakan ke gawang Parma, berbanding jauh dengan Parma yang hanya melepas tembakan sebanyak satu kali saja. Mereka juga menguasai bola lebih banyak, dengan persentase 67% berbanding 33% milik Parma.
ADVERTISEMENT
Sadar bahwa mereka sudah main lebih enak, Ancelotti memasukkan nama-nama lain di laga ini, seperti Adam Ounas dan Simone Verdi, sebagai bentuk pemberian jam terbang. Namun, dia juga tak lupa harus ada daya gedor serangan yang dijaga, sehingga memasukkan Dries Mertens untuk menggantikan Insigne.
Di sisi lain, Parma juga masih berupaya untuk memperkecil bahkan mengejar ketertinggalan di babak kedua ini. Mereka memasukkan Luca Siligardi, Fabio Ceravolo, dan Mattia Sprocati agar permainan Parma menjadi lebih hidup dan daya serang Parma jadi lebih meningkat. Namun, Napoli yang sudah kadung nyaman bermain sulit digoyahkan. Kuasa bola tetap mereka pegang, tembakan-tembakan tetap mereka lesakkan.
Malah, pada menit 84, Napoli kembali menambah keunggulan. Memanfaatkan umpan dari Simone Verdi, Milik kembali mencatatkan namanya di papan skor. Kedudukan bertambah 3-0 bagi Napoli, dengan laga yang tersisa hanya tinggal sekitar enam menit lagi saja.
ADVERTISEMENT
Di sisa waktu yang ada, Parma berusaha keras mengejar ketertinggalan. Namun, sampai laga usai, Napoli berhasil mempertahankan keunggulannya ini. Napoli menang 3-0.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·