Pencarian populer

Mohamed Salah Terpilih Jadi Pemain Terbaik Afrika 2018

Mohamed Salah dalam pertandingan Mesir vs Tunisia. (Foto: Reuters/Amr Dalsh)

Untuk kedua kalinya secara beruntun Mohamed Salah terpilih sebagai Pesepak Bola Terbaik Afrika. Penghargaan tersebut diterima Salah dalam acara yang diselenggarakan Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) di Dakar, Senegal, pada Rabu (9/1/2019) dini hari WIB.

Untuk meraih penghargaan tersebut, Salah mengalahkan rekannya di Liverpool, Sadio Mane, serta penyerang Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang. Tahun lalu, Salah juga mengalahkan Mane dan Aubameyang dalam pemungutan suara yang ditentukan oleh direktur teknik serta pelatih 56 tim nasional negara Afrika.

"Penghargaan ini punya arti besar bagiku. Aku sangat mencintai penghargaan ini karena ketika aku kecil aku selalu bermimpi untuk bisa meraihnya. Aku sangat bangga bisa memenanginya dua kali. Kuucapkan terima kasih kepada keluarga serta rekan-rekanku dan aku mendedikasikan penghargaan ini untuk negaraku Mesir," kata Salah saat menerima penghargaan di atas pentas.

Sejak pindah ke Liverpool pada musim panas 2017 Salah menjelma menjadi pesepak bola kelas dunia. Pada musim pertamanya dia berhasil mencetak 32 gol untuk menjadi topskorer Premier League. Di musim yang sama, 10 golnya di Liga Champions mengantarkan The Reds ke partai puncak.

Sayangnya, dalam laga final menghadapi Real Madrid di Kyiv, Ukraina, Salah harus mengalami musibah. Di tengah-tengah babak pertama dia dibanting dengan keras oleh Sergio Ramos sehingga harus mengakhiri pertandingan lebih cepat. Liverpool pun akhirnya kalah 1-3 pada pertandingan tersebut.

Cedera bahu yang dialami Salah itu akhirnya berpengaruh pada kesiapannya di ajang Piala Dunia 2018. Setelah sempat absen di laga pertama, Salah akhirnya mampu melesakkan dua gol di turnamen itu. Namun, sumbangsihnya itu tak cukup untuk mengantarkan Timnas Mesir lolos ke 16 besar.

Usai Piala Dunia, Salah sempat menjalani masa sulit bersama Liverpool. Akan tetapi, perlahan dia berhasil kembali ke performa terbaik. Saat ini dia sudah mengoleksi 13 gol di Premier League, tertinggal satu gol dari Harry Kane dan Aubameyang. Di Liga Champions, torehan gol Salah sudah mencapai angka tiga.

Adapun, dalam acara yang sama turut diumumkan sebelas pemain Afrika terbaik versi para pesepak bola profesional. Salah, Mane, dan Aubameyang pun secara otomatis masuk ke susunan ini. Bersama tiga penyerang itu terdapat Thomas Partey, Naby Keita, dan Riyad Mahrez sebagai pemain tengah terbaik.

Kemudian, di lini belakang terpilihlah nama Serge Aurier, Medhi Benatia, Eric Bailly, dan Kalidou Koulibaly. Kuartet bek itu melindungi Denis Onyango, kiper Uganda yang bermain di Liga Afrika Selatan untuk Mamelodi Sundowns.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: