Pencarian populer

Napoli Bawa Pulang Tiga Angka dari Kandang Atalanta

Callejon berusaha lolos dari kawalan Marten de Roon. (Foto: MARCO BERTORELLO / AFP)

Tiga angka berhasil dibawa pulang Napoli usai menaklukkan Atalanta 2-1 pada pentas Serie A giornata 14, Selasa (4/12/2018) dini hari WIB di Atleti Azzurri d'Italia. Fabian Ruiz sempat membawa Napoli unggul cepat di menit kedua sebelum Duvan Zapata sukses menyamakan kedudukan di babak kedua. Beruntung bagi Partenopei, Arkadiusz Milik yang masuk di babak kedua berhasil mencetak gol kemenangan di menit 85.

Dengan hasil ini Napoli genap mengumpulkan 32 angka, meninggalkan Inter Milan yang tertahan di kandang AS Roma. Meski demikian, jarak Napoli dari Juventus sebagai pemuncak klasemen masih terhampar 8 poin. Sedangkan untuk Atalanta, posisi mereka masih belum beranjak dari urutan ke-12 karena baru mengoleksi 18 angka.

Kendati mentas di hadapan para pendukung Atalanta, Napoli di atas kertas lebih diunggulkan. Dua kali mereka mempermalukan klub asal Begamo itu dalam tiga lawatan terakhir. Meski langkah Napoli di giornata 13 lalu juga sempat terganjal karena cuma bermain imbang 0-0 dengan Chievo Verona.

Atalanta juga baru saja menelan hasil negatif di pekan lalu, saat takluk 2-3 dari Empoli --sekaligus jadi kekalahan perdana sejak mengukir empat kemenangan beruntun di laga sebelumnya. Tak sampai di situ, Gian Piero Gasperini juga tak bisa menurunkan Josip Ilicic dalam duel kali ini. Penyerang yang sudah mengemas masing-masing 3 gol dan assist di Serie A itu terkena suspensi setelah diganjar kartu merah di laga sebelumnya.

Alhasil, Gasperini mengutus Emliano Rigoni untuk bertandem dengan Duvan Zapata di garda terdepan, disokong Alejandro Gomez yang mengisi pos penyerang lubang.

Sementara itu, kubu Napoli turun dengan kekuatan penuh. Dries Mertens dan Lorenzo Insigne di pos penyerang, Allan Marques serta Marek Hamsik jadi tampil memperkuat lini tengah. Disusul Raul Albiol dan Kaidou Koulibaly di sektor bek sentral.

Napoli sukses membungkam publik tuan rumah saat laga baru berjalan dua menit. Adalah Ruiz yang sukses membawa Partenopei unggul lebih dulu usai mengonversi umpan mendatar Insigne dari sisi kanan. Gol tersebut menjadi lesakan ketiganya di Serie A musim ini.

Atalanta bukannya tanpa perlawanan. Mereka unggul dalam penguasaan bola dengan persentase 56%. Lebih dari itu, Atalanta juga sukse melepas 6 tembakan di babak pertama, setara dengan torehan Napoli. Namun, hanya sebiji yang mengarah ke sasaran, via tendangan jarak dekat Zapata di menit 26.

Selain disiplinnya barisan pertahanan Napoli, penyelesaian akhir yang buruk lantaran absennya Ilicic juga jadi alasan Atalanta gagal mencetak gol balasan di paruh pertama. Pasalnya, penyerang asal Slovenia itu merupakan reflektor bola mumpuni di lini depan.

Upaya Atalanta akhirnya berbuah hasil di 11 menit usai turun minum. Di awali dari penetrasi Robert Gosens di sisi kiri pertahanan Napoli, kemudian diteruskan kepada Rigoni di kotak penalti. Pemain berusia 25 tahun itu kemudian menyodorkan bola kepada Hans Hateboer lantas diakhiri dengan apik oleh Zapata.

Unggul satu gol membuat Gasperini bereaksi. Rigoni ditukar dengan Luca Valzania yang unggul dalam atribut bertahan. Pergantian itu bertujuan untuk menangkal lini depan Napoli yang kian agresif. Sebelumnya, runner-up Serie musim lalu itu sudah melepaskan dua ancaman melalui Insigne di menit 66 dan 68.

Carlo Ancelotti tak tinggal diam. Demi mendongkrak serangan, mantan pelatih Chelsea itu memasukkan Piotr Zielinski, Elseid Hysaj, dan Arkadiusz Milik. Hasilnya tokcer, Milik sukses jadi pahlawan lewat golnya di menit 85 usai mengakhiri umpan Mario Rui. Napoli pun keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 2-1.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31