Pencarian populer

Olivier Giroud: Juru Gedor Utama Chelsea di Liga Europa

Selebrasi Olivier Giroud usai bobol gawang Dynamo Kyiv. Foto: REUTERS/Valentyn Ogirenko
Pendar Olivier Giroud memang tak benderang di pentas Premier League musim ini. Dari 20 pertandingan yang ia lewati, baru satu gol yang disumbangkan untuk Chelsea. Tapi, penyerang asal Prancis itu menunjukkan tajinya saat turun di kompetisi Liga Europa.
ADVERTISEMENT
Teranyar, Giroud menjadi aktor utama di balik kemenangan 5-0 The Blues atas Dynamo Kyiv pada leg kedua 16 besar, Jumat (15/3/2019) dini hari WIB. Sosok berusia 32 tahun tersebut mencatatkan hat-trick dan satu assist untuk gol Callum Hudson-Odoi.
Dengan tambahan tiga gol itu, eks penyerang Arsenal ini tercatat sudah mencetak 9 gol dari 9 penampilan di Liga Europa. Selain terbanyak di antara rekan-rekannya, Giroud pun menjadi topskorer di kompetisi antarklub Eropa level kedua ini.
Atas impak positif ini, Maurizio Sarri tak ragu melayangkan pujian kepada Giroud. Kendati jarang mendapat tempat di Premier League, terlebih usai datangnya Gonzalo Higuain, Sarri menyebut bahwa Giroud punya peranan penting di skema permainannya.
ADVERTISEMENT
"Dalam beberapa pertandingan terakhir, setiap kali dia berada di atas lapangan, Giroud mampu bermain dengan bagus. Dia sudah mencetak 9 gol di kompetisi ini (Liga Europa)," kata Sarri dilansir Sky Sports.
"Bagi kami, Giroud adalah pemain yang penting. Saya sangat senang untuknya dan untuk hat-trick yang ia bukukan. Pokoknya saya sangat bahagia untuk dia," tutur eks pelatih Napoli ini menambahkan.
Menurut Sarri, moncernya Giroud di laga ini tak terlepas dari penampilan solid Chelsea sebagai tim. Meski datang ke Stadion NSK Olimpiyskiy dengan keunggulan 3-0 dari leg pertama, performa 'Si Biru' tak mengendur sepanjang pertandingan.
Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri, di laga melawan Dynamo Kyiv. Foto: REUTERS/Valentyn Ogirenko
Dari catatan WhoScored, Chelsea menguasai bola 62,6% dan bisa melepas 14 tembakan dengan 8 di antaranya tepat sasaran. Lantas, kemenangan 5-0 atas wakil Rusia ini bikin Chelsea lolos ke perempat final dengan agregat 8-0.
ADVERTISEMENT
"Saya pikir kami memulai pertandingan dengan bagus. Kami bisa mencetak gol saat laga berusia 5 menit. Jadi, hal itu menyulitkan bagi lawan. Bagi saya, Chelsea bermain bagus di babak pertama, bisa menjaga tempo di babak kedua. Ini adalah penampilan luar biasa selama 90 menit," tutup Sarri.
Selain Chelsea, tujuh tim lain yakni Arsenal, Valencia, Napoli, Eintracht Frankfurt, Slavia Praha, Villarreal, dan Benfica juga lolos babak selanjutnya. Pengundian perempat final sendiri akan dilakukan pada Jumat (15/3) malam WIB nanti, di markas UEFA, Nyon, Swiss.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86