Pencarian populer

Optimisme Suporter Singapura Kendati Kalah 'Merah' dari Indonesia

Suasana di area National Stadium Singapore. (Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan)

Stadion Nasional Singapura memerah Jumat (9/11/2018) sore ini. Namun, merah yang terlihat bukan merah milik tuan rumah, melainkan merah milik tim tamu, Timnas Indonesia. Sejauh mata memandang, yang tampak adalah jersi merah Indonesia, sejauh kuping mendengar, logat Indonesia pulalah yang terdengar.

Di tengah merah milik 'Garuda', kumparanBOLA melihat satu merah yang berbeda, milik Timnas Singapura. Jersi itu dikenakan oleh seorang ayah yang membawa dua anaknya. Kami pun berpikir untuk mewawancarainya.

Akan tetapi, dia menolak. Menurut pengakuannya, dia bukanlah seorang penggemar sepak bola. Dia hanya datang untuk menemani buah hatinya. kumparanBOLA pun meninggalkannya dengan rasa sedikit kecewa yang tetap kami tutupi dengan senyum.

Nah, ketika kami berusaha mencari suporter Singapura lain, tiba-tiba pria paruh baya tadi menghampiri dan menepuk pundak kami. Dia pun berkata, "Maaf, mungkin Anda bisa mewawancarai laki-laki di sana itu, yang pakai celana panjang hitam. Dia pelatih sepak bola anak saya."

Setelah berterima kasih, kami pun menghampiri pendukung Singapura yang dimaksud. Namanya Habil dan dia menyambut perkenalan kami dengan ramah. Setelah itu, Habil pun menyampaikan prediksinya kepada kami.

"Saya pikir, pertandingan nanti akan berjalan sangat ketat. Singapura barangkali jadi underdog di sini, tetapi mereka punya pemain muda yang bagus, terutama di lini depan. Kami juga sangat mengikuti sepak bola Indonesia. Kami tahu suporter akan memainkan peran penting nanti," tutur Habil.

Bicara soal suporter Indonesia, Habil sudah paham betul bagaimana karakter mereka. Itulah mengapa, dia menekankan pentingnya pemain ke-12 Timnas Indonesia ini dalam pertandingan nanti.

Suporter Indonesia di National Stadium Singapore. (Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan)

"Sejauh yang saya lihat, suporter Indonesia banyak sekali. Saya tahu bagaimana bisingnya mereka. Saya kira jumlah mereka lebih banyak ketimbang suporter kami, malam ini," ujarnya.

Habil adalah seorang suporter Singapura dan sudah sewajarnya dia ingin 'The Lions' menang. Dia pun memprediksi anak-anak asuh Fandi Ahmad bisa menang dengan skor tipis 1-0.

Kami pun bertanya, kira-kira apa, sih, yang bakal jadi senjata Timnas Singapura kali ini?

"Set piece, dan pencetak golnya nanti adalah Ikhsan Fandi," tutupnya sambil tersenyum.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23