Pencarian populer

Paolo Maldini Disiapkan Jadi Direktur Olahraga Baru Milan

Calon direktur olahraga Milan, Paolo Maldini. Foto: AFP/Fayez Nureldine

Musim Milan akhirnya berakhir dengan kegagalan. Mereka tak mampu mendapat satu pun trofi dan cuma bisa finis di urutan lima klasemen Serie A, yang artinya mereka takkan bermain di Liga Champions musim depan.

Buntut dari kegagalan ini, Leonardo Nascimento dan Ivan Gennaro Gattuso mundur dari jabatannya masing-masing. Leonardo tak lagi menjadi direktur olahraga Milan, Gattuso kehilangan tempat sebagai pelatih.

Meski demikian, ada satu sosok yang masih bertahan. Dia adalah Paolo Maldini.

Leonardo dan Maldini datang secara bersamaan pada awal musim 2018/19 sebagai bagian dari proyek Elliott Management untuk merestorasi kejayaan Milan. Leonardo didapuk sebagai direktur olahraga, Maldini sebagai direktur pengembangan strategis. Dua legenda itu melengkapi keberadaan Gattuso yang sudah jadi pelatih sejak pertengahan musim lalu.

Pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso. Foto: MARCO BERTORELLO / AFP

Kini, seiring dengan kepergian Leonardo, Maldini pun digadang-gadang bakal mengambil alih posisi pria asal Brasil tersebut. Hal ini diucapkan oleh CEO Milan, Ivan Gazidis, dalam wawancara dengan La Gazzetta dello Sport.

"Aku ingin Maldini jadi direktur olahraga. Aku sangat, sangat mengagumi dirinya," kata Gazidis. "Dia mewakili nilai dan budaya klub ini."

"Aku ingin Paolo bertahan bersama kami untuk membantuku menghadapi tantangan berat di sini dengan peran yang lebih sentral dan penting. Dia sangat ideal untuk memimpin sektor teknis," tambah Gazidis.

Walau demikian, Maldini tampaknya tidak akan langsung mengiyakan tawaran Gazidis tersebut. Pria 50 tahun itu, menurut Gazidis, masih butuh waktu.

Para petinggi Milan: Leonardo, Gazidis, dan Maldini Foto: MARCO BERTORELLO / AFP

"Paolo meminta waktu untuk berefleksi. Dia ingin memastikan bahwa dia memiliki energi untuk mengulangi segalanya dari awal karena proyek ini membutuhkan komitmen tinggi. Dia harus merasa 100 persen," jelas mantan petinggi Arsenal ini.

Gazidis kemudian menjabarkan bahwa nantinya, sebagai direktur olahraga, Maldini akan memiliki wewenang untuk menunjuk pelatih baru.

"Pelatih yang baru nanti akan dipilih dengan hati-hati. Usia, atau dari mana mereka berasal, itu tidak masalah. Yang penting adalah mereka cocok dengan kebutuhan kami," kata Gazidis.

"Pemilihan pelatih, yang kuharap akan dilakukan dengan bantuan Maldini, akan dilakukan dengan kepala dingin. Kami akan mempelajari segala detail mulai dari sejarah, karakter, profil, hasil, statistik. Kami tak mau lagi berbuat kesalahan," tandasnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60