Pencarian populer

Payahnya Manchester City Kala Temu Tim Inggris Lain di Kompetisi Eropa

Sterling ukir trigol ke gawang Watford. Foto: Reuters/Jason Cairnduff

Hasil undian babak perempat final Liga Champions yang berlangsung di Nyon, Swiss, hari Jumat (15/3/2019) mempertemukan dua tim asal Inggris, Manchester City dan Tottenham Hotspur. Bagi City, pertemuan dengan Spurs ini bisa menjadi jegalan terhadap ambisi mereka untuk menjadi juara. Pasalnya, rekor City kala bersua tim Inggris lainnya di fase gugur kompetisi Eropa tak memuaskan.

Per catatan BBC, City sudah empat kali bertanding melawan klub Inggris lainnya di kompetisi Eropa. Dalam empat pertandingan tersebut, menariknya, City selalu kalah.

Pertemuan pertama terjadi di tahun 1971 lalu, dalam kompetisi Piala Winners yang saat ini sudah tiada. Kala itu, City kalah dari Chelsea dalam dua laga di babak semifinal. Leg pertama dan kedua berakhir dengan skor identik 1-0 bagi Chelsea.

Pertemuan kedua City dengan tim Inggris di kompetisi level Eropa mestinya masih segar di ingatan penggemarnya. Ya, City bersua dengan Liverpool di—menariknya—perempat final Liga Champions musim 2017/18 lalu.

City, yang kala itu begitu digdaya di Premier League, dipermalukan Liverpool dengan skor agregat 1-5. Sergio Aguero dkk. kalah ketika bermain tandang di leg pertama dengan skor 0-3 dan kembali takluk di kandang dengan skor 1-2.

Liverpool kala bersua Manchester City di perempat final Liga Champions musim 2017/18. Foto: Getty Images/Laurence Griffiths

Kendati begitu, patut diingat bahwa City belum pernah bertemu dengan Spurs di kompetisi level Eropa. Pertemuan dua klub ini menjadi satu-satunya laga di perempat final Liga Champions musim ini yang tak memiliki sejarah di level Eropa.

Untuk rekor pertemuan dengan Spurs di level domestik, City memang lebih superior di beberapa pertemuan terakhir. Dalam lima laga terakhir melawan Spurs di Premier League, The Citizens berhasil menang tiga kali dan hanya kalah sekali. Tiga kemenangan tersebut pun diraih dalam tiga pertemuan terakhir.

Rekor melawan Spurs yang impresif di kompetisi domestik bisa menjadi modal bagi City untuk percaya diri. Kepercayaan diri itulah yang dirasakan oleh Direktur Sepak Bola City, Txiki Begiristain. Pria asal Spanyol tersebut menyatakan bahwa timnya mampu mengatasi Spurs.

Raheem Sterling (kiri) melindungi bola dari Kieran Tripper (kanan). Foto: Action Images via Reuters/Paul Childs

“Kami percaya diri. Kami mendapatkan hasil bagus belakangan ini, dan musim kami juga sejauh ini menyenangkan. Permainan yang kami tampilkan sejauh ini pun bagus. Jadi, kami percaya kami mampu. Namun, kami juga tahu bahwa Spurs akan memberikan masalah bagi kami,” ujar Begiristain dikutip dari situs resmi City.

Begiristain juga berharap City mendapatkan keberuntungan dan mampu mencatatkan prestasi yang lebih baik ketimbang musim lalu.

“Musim lalu, kami bermain di perempat final melawan Liverpool dan kalah. Kali ini, saya berharap kami beruntung dan lolos," tandasnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: