Pencarian populer

Pep Guardiola Akui Virgil van Dijk Layak Dihargai Mahal

Virgil van Dijk, bek andalan Liverpool. (Foto: Action Images via Reuters/Carl Recine)

Bek tengah Liverpool, Virgil van Dijk, boleh dibilang tengah menikmati waktu terbaik dalam kariernya. Ia berhasil menjelma menjadi bek tengah taraf dunia dengan membawa The Reds hanya kebobolan delapan gol dari 20 laga di Liga Primer Inggris musim ini. Bagi manajer Manchester City, Pep Guardiola, performa impresif van Dijk menjustifikasi harganya yang mahal.

Kepindahan van Dijk ke Liverpool dari Southampton memang sempat mengundang pertanyaan. Harganya yang mencapai 75 juta poundsterling dianggap terlalu mahal, terlebih untuk pemain yang berposisi sebagai bek tengah. Bahkan, klub kaya seperti City saja menganggap harga penggawa timnas Belanda ini tak masuk akal.

Sekadar informasi, The Citizens memang sempat tertarik pada van Dijk. Namun, harganya dianggap tak sepadan sehingga City mundur dari perburuan tanda tangan sang pemain. Momen mundurnya City dalam perburuan van Dijk terekam di film dokumenter mereka, 'All or Nothing'. Ada satu adegan ketika Presiden City, Khaldoon al Mubarak, tertegun ketika mendengar harga van Dijk yang dipasang Southampton.

Kini, Guardiola menyatakan bahwa van Dijk memang layak dihargai sebegitu mahalnya.

“Ia adalah pemain yang luar biasa. Ketika satu pemain bermain luar biasa seperti itu, berapa pun harganya rasanya layak,” ujar pria kelahiran Santpedor ini, dikutip dari Standard.

Pep Guardiola kala memimpin skuatnya. (Foto: Reuters/Andrew Boyers)

“Ketika Anda membayar harga murah untuk satu pemain dan ia tak tampil baik, itu terasa begitu mahal. Van Dijk mampu tampil setiap tiga hari tanpa mengalami cedera dan level permainannya konsisten, maka harga mahalnya memang pantas.”

Kekaguman Guardiola terhadap van Dijk memang terbukti di lapangan. Sejak dibeli Liverpool di bursa transfer Januari tahun lalu, eks pemain Celtic ini mampu mencatatkan angka yang sama untuk total clean sheet dan kebobolan (18) di Liga Primer Inggris. Tak hanya itu, ia juga tak sekali pun melakukan eror yang berujung pada gol lawan.

Lebih dari itu, van Dijk juga menjelma menjadi sosok pemimpin di lapangan. Ia menjadi wakil kapten The Reds musim ini. Aksinya ketika melindungi Mohamed Salah dari konfrontasi Sokratis Papastathopoulos saat Liverpool membabat Arsenal beberapa hari lalu juga menjadi buktinya. Komentarnya ketika disebut sebagai kunci sukses Liverpool musim ini juga memperlihatkan jiwa pemimpinnya.

“Yang lebih penting bagi saya adalah semua rekan saya mendapat pengakuan serupa. Saya sempat mengobrol dengan Robbo (Andrew Robertson), bukan tentang dirinya yang tak mendapat kredit, tetapi tentang seolah-olah ketika kami mendapat hasil baik, ini karena saya. Kenyataannya tidak seperti itu," kata Van Dijk.

Neymar saat berduel dengan Virgil van Dijk. (Foto: REUTERS/Charles Platiau)

Keberadaan bek tengah bertinggi 193 sentimeter ini juga mungkin akan menjadi kekhawatiran terbesar Guardiola kala City menjamu Liverpool, Jumat (4/1/2019) dini hari WIB. Bagaimana tidak, semenjak kedatangan van Dijk, Liverpool tak pernah kalah ketika bertanding melawan The Citizens (3 menang, 1 imbang). Dari empat pertemuan tersebut, skuat asuhan Jurgen Klopp juga hanya kebobolan lima gol, angka yang terbilang memuaskan mengingat betapa mengerikannya lini serang City.

Belum lama ini, Guardiola menyatakan bahwa musim City bisa berakhir apabila gagal meraih poin penuh kala bersua Liverpool dini hari nanti. Untuk menjaga musim timnya, ia mesti memutar otak lebih keras untuk dapat menaklukkan benteng pertahanan yang digalang pemain yang dianggap terlalu mahal oleh timnya ini.

====

*Laga Manchester City vs Liverpool akan dihelat di Stadion Etihad, Jumat (4/1/2019) dini hari WIB. Sepak mula dilakukan pukul 03:00 WIB.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: