• 0

Perihal Kuota 6 Pemain Asing pada Piala Presiden 2018

Perihal Kuota 6 Pemain Asing pada Piala Presiden 2018


Kerjasama antara panitia Piala Presiden dan PWC

Kerjasama antara panitia Piala Presiden dan PWC (Foto: Sandy Firdaus/kumparan)
Status turnamen pramusim atau pemanasan melekat pada Piala Presiden 2018. Maka itu, panitia pelaksana (Panpel) berencana menerapkan sejumlah aturan yang berbeda dibandingkan liga resmi.
Dikatakan oleh Risha Adi Widjaja selaku bagian dari Organizing Committee, Piala Presiden bisa menjadi ajang coba-coba. Sebab, komposisi skuat masing-masing tim peserta hampir dipastikan belum final.
Pun demikian perihal pemain asing, yang pasti menuntut kejelian setiap klub untuk melakukan perekrutan. Untuk memfasilitasi seleksi pemain asing, Panpel pun menerapkan peraturan spesial.
"Piala Presiden ini bisa dijadikan sebagai ajang berstrategi atau percobaan dari masing-masing klub. Untuk soal ini, regulasi akan sedikit lebih fleksibel. Sebelum ajang ini dilaksanakan, kami sudah berkoordinasi dengan departemen terkait, salah satunya adalah soal pemain asing. Jadi satu syarat di Piala Presiden ini adalah kontrak pemain tidak terlalu diperlukan, karena di undang-undang kontrak satu bulan itu tidak ada," ujar Risha.
"Karena pemain asing dan pelatih asing yang ada di klub ini baru, tentunya belum dikontrak, karena masih dalam tahap uji coba. Jauh sebelum Piala Presiden dilaksanakan, kami sudah berkoordinasi dengan departemen lain, tanpa melanggar aturan yang ada. Ada perizinan yang membolehkan orang asing bekerja. Ini sudah kami urus. Bagi klub yang mengalami kesulitan akan hal ini, akan kami bantu. Berikan daftar pemainnya, dengan berkas yang lengkap, maka akan kami bantu soal perizinan pemain asing," kata dia menambahkan.

Anggota Panitia Pelaksana Piala Presiden 2018

Anggota Panitia Pelaksana Piala Presiden 2018 (Foto: Alan Kusuma/kumparan)
Perbedaan juga menyangkut kuota. Apabila Liga 1 2017 menerapkan kuota empat pemain asing, termasuk marquee player, Piala Presiden mengizinkan klub peserta untuk membawa enam pemain asing. Namun, pelatih hanya boleh memainkan tiga pemain non-Asia dan satu pemain Asia di lapangan.
Hal itu diutarakan oleh Ketua Organizing Committee Piala Presiden 2018, Berlinton Siahaan. "Pemain asing yang boleh didaftarkan itu menjadi enam orang, tetapi yang boleh bermain yaitu 3+1. Karena ini hanya menjadi ajang pemanasan sebelum Liga 1 bergulir. Yang dimainkan hanya boleh 3+1 dalam pertandingan," ujar Berlinton.
Pihak Orgianizing Committee juga membantah bahwa kuota enam pemain asing merupakan desakan dari klub tertentu. Sejauh ini, ada beberapa klub yang mengalami surplus pemain asing seperti Sriwijaya FC dan Borneo FC.
"Begini, memang ada masukan dari beberapa klub yang menginginkan adanya fleksibilitas terhadap jumlah yang didaftarkan dari sisi pemain asing. Akhirnya kami putuskan boleh enam (pemain asing)," kata Risha.



Sepak BolaSportsLiga IndonesiaPiala Presiden

presentation
500

Baca Lainnya