Pencarian populer

Permalukan Sporting, Catatan Kemenangan Arsenal Tetap Terjaga

Guendozi dalam kepungan pemain Sporting CP. (Foto: REUTERS/Rafael Marchante)

Catatan kemenangan Arsenal tetap terjaga setelah sukses mengandaskan Sporting CP 1-0 pada pertandingan matchday III Liga Europa, Kamis (25/10/2018) malam WIB, di Estadio Jose Alvalade. Adalah Danny Welbeck jadi pahlawan The Gunners lewat gol semata wayangnya di menit 79.

Tambahan tiga angka ini kian mengukuhkan posisi Arsenal di puncak klasemen Grup E dengan koleksi 9 angka. Sementara bagi Sporting, kekalahan ini tak mengubah posisi mereka sebagai runner-up dengan torehan 6 poin.

Unai Emery tak menenteng penggawa terbaiknya dalam starting line-up. Mesut Oezil, Alexandre Lacazette, dan Shkodran Mustafi hanya nangkring di bangku cadangan. Hector Bellerin dan Nacho Monreal bahkan tak diikutsertakan dalam lawatan kali ini.

Untuk pos full-back, Stephan Lichtsteiner dan Granit Xhaka jadi pilihan, mengapit Sokratis dan Rob Holding sebagai bek sentral. Sementara Pierre-Emerick Aubameyang, Henrikh Mkhitaryan, dan Danny Welbeck jadi tumpuan di garda terdepan.

Torehan 10 kemenangan beruntun di lintas ajang memang jadi modal kuat bagi Arsenal. Namun, di satu sisi, The Gunners memiliki tren buruk saat bertandang ke markas utusan Portugal di kompetisi Eropa. Tiga lawatan terakhir mereka selalu berujung dengan kekalahan (sekali keok dari Braga dan dua kali ditaklukkan FC Porto).

Catatan yang menguatkan Sporting sebagai lawan yang tak bisa dianggap sepele. Terlebih, Jose Peseiro menurunkan trio terkuatnya di lini depan, Nani, Fredy Montero, dan Bruno Fernandes. Sebagai gambaran, ketiganya menyumbang 7 dari 11 gol Sporting di Liga Nos.

Jalannya laga di babak pertama relatif berimbang. Meski untuk variasi serangan, Arsenal cenderung unggul ketimbang tim tuan rumah. Tak hanya mengandalkan Mkhitaryan dari sisi sayap, kehadiran Aaron Ramsey sebagai gelandang serang juga mendongkrak kreativitas Arsenal dari area sentral. Kendati mereka masih kesulitan untuk membongkar pertahanan Sporting.

Nyatanya, sepasang tembakan tepat sasaran Arsenal dilepaskan dari luar kotak penalti, melalui Mkhitaryan dan Aubameyang. Sementara, Sporting yang menitikberatkan serangannya dari sayap tak kunjung berhasil.

Pergerakan dinamis dari Nani dan Montero masih belum mampu melumpuhkan benteng pertahanan Arsenal. Tercatat keduanya sudah kehilangan penguasaan bola sebanyak 7 kali bila dikalkulasi. Sementara Fernandes juga belum cukup efektif karena tak satu pun upayanya mengenai sasaran. Tak ada gol yang tercipta, skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Sadar anak asuhnya kesulitan mendobrak pertahanan Sporting, Emery lantas menukar Mohamed Elneny dengan Lucas Torreira. Pemain berpaspor Uruguay itu tak sekadar difungsikan sebagai penyeimbang sektor tengah, tetapi juga diplot untuk mendongkrak agresivitas dari lini kedua.

Di menit 67 Welbeck sebenarnya behasil mengoyak jala Sporting. Namun, wasit menganulirnya karena eks penggawa Manchester United itu lebih dulu melakukan pelanggaran.

Akhirnya, usaha Welbeck berbuah hasil 11 menit berselang. Usai memanfaatkan kesalahan Sebastian Coates dalam menyapu bola, pemain berusia 27 tahun itu melepaskan tendangan mendatar yang tak mampu diredam Ribeiro. Lesakan tersebut menjadi yang kedua bagi Welbeck di pentas Liga Europa musim ini.

Unggul satu gol tak membuat Emery puas. Alexandre Lacazette kemudian dimasukkan dan Welbeck ditarik keluar. Sebelumnya Peseiro juga sudah bereaksi, dengan menurunkan Jovane Cabral --penyerang yang sukses menjebol dua gol dalam dua matchday sebelumnya. Akan tetapi, skor tak berubah. Arsenal keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 1-0.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.32