kumparan
10 Mar 2018 23:38 WIB

Pesta 6 Gol, Bayern Kokoh di Puncak Klasemen

Bayern Muenchen vs Hamburger SV (Foto: MICHAEL DALDER/Reuters)
Bayern Muenchen mengokohkan posisi mereka di puncak klasemen sementara Bundesliga. Menjamu Hamburger SV di Allianz Arena, Sabtu (10/3/2018), pasukan Jupp Heynckes tersebut menggelar pesta gol alias kemenangan telak, 6-0.
ADVERTISEMENT
Lakon protagonis diambil oleh Robert Lewandowski yang membukukan hat-trick dan Franck Ribery dengan dwigolnya. Satu lesakan lainnya berasal dari Arjen Robben.
Tambahan tripoin membuat Bayern bertengger di posisi teratas dengan raihan 66 angka dari 26 pertandingan. Terbentang jarak 20 poin atas Schalke 04 di peringkat kedua.
***
Dalam laga ini, Heynckes mengandalkan komposisi yang sempat menghadirkan treble buat Bayern, yakni trio Arjen Robben-Thomas Mueller-Franck Ribery di sektor gelandang serang. Mereka menopang Robert Lewandowski sebagai ujung tombak.
Mundur ke belakang, ada Javier Martinez dan Arturo Vidal yang berduet di area jangkar. Sementara itu, kuartet yang terdiri dari Joshua Kimmich, Jerome Boateng, Mats Hummels, dan David Alaba melindungi Sven Ulreich di bawah mistar Bayern.
ADVERTISEMENT
Hasilnya, Bayern tampil begitu perkasa. Mereka menyarangkan tiga gol setiap babaknya ke gawang Hamburg.
Lesakan pembuka hadir pada menit kedelapan. Gotoku Sakai coba mengantisipasi operan Robben ke kotak penalti Hamburg, tetapi malah memantulkan bola kepada Ribery. Pemain asal Prancis itu melepaskan tembakan dari jarak dekat guna menggetarkan jala Christian Mathenia.
Hanya butuh empat menit bagi Bayern menggandakan keunggulan. Lagi-lagi, Sakai memiliki andil karena gagal mengawal Lewandowski, yang menanduk bola umpan silang Kimmich.
Lewandowski kembali mencetak gol saat laga belum genap 20 menit. Kali ini, dia meneruskan bola pantulan Alaba untuk mencatatkan nama di papan skor.
Sejumlah ancaman kembali diciptakan Bayern. Namun, sampai babak pertama berakhir, tak ada gol tambahan buat pasukan Heynckes. Skor 3-0 pun terpampang ketika jeda laga.
ADVERTISEMENT
Kembali dari ruang ganti, Bayern belum mengendurkan serangan. Penetrasi dari dua sisi sayap masih menjadi andalan mereka.
Sepuluh menit setelah sepak mula, Bayern mencetak gol keempatnya. Sentuhan tumit Lewandowski awalnya mengarahkan bola kepada Mueller, tetapi gagal. Bola masih bisa disambar Robben dengan tembakan ke pojok kiri atas gawang.
Melihat Lewandowski sudah menorehkan brace, Ribery pun ikut menyumbangkan gol keduanya. Dia melewati Kryiakos Papadopoulos sebelum melancarkan sepakan mendatar yang gagal diantisipasi Mathenia.
Namun, Lewandowski membuktikan dirinya masih menjadi sumber gol utama Bayern. Dia memang sempat gagal mengeksekusi penalti pada menit ke-86, tetapi tidak menyia-nyiakan kesempatan kedua pada menit terakhir waktu normal. Lesakan ketiga striker Polandia itu membuat laga berakhir dengan skor 6-0.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan