kumparan
11 Jul 2019 4:03 WIB

Piala Afrika: Duo Merseyside Bawa Senegal ke Semifinal

Idrissa Gana Gueye merayakan gol ke gawang Benin. Foto: Reuters/Mohamed Abd El Ghany
Kolaborasi duo Merseyside, Idrissa Gana Gueye dan Sadio Mane, terbukti ampuh untuk meloloskan Senegal ke semifinal Piala Afrika 2019. Menghadapi Benin di Stadion 30 Juni, Kairo, Rabu (10/7/2019) malam WIB, Senegal menang 1-0 lewat gol yang dicetak Gueye pada menit ke-69. Gol itu sendiri lahir dari assist Mane.
ADVERTISEMENT
Senegal yang masih berada di bawah komando Aliou Cisse itu tampil dengan skuat mengerikan yang berisikan bintang-bintang liga Eropa. Selain Gueye dan Mane, ada pula nama-nama macam Alfred Gomis, Cheikhou Kouyate, Kalidou Koulibaly, hingga Keita Balde Diao yang tampil sejak menit awal.
Menghadapi Benin yang skuatnya tidak semewah itu, Senegal mampu mendominasi penguasaan bola sejak awal. Akan tetapi, Benin sendiri tidak mau menyerah begitu saja. Dengan pakem defensif 4-1-4-1, mereka mampu menutup akses jalur tengah dan memaksa para pemain Senegal menyerang lewat sayap. Ini jadi masalah karena Senegal tak punya striker yang benar-benar piawai berduel bola atas.
Alhasil, Senegal pun jadi kerapkali harus menggunakan cara alternatif berupa tembakan jarak jauh untuk membobol gawang Benin. Cara ini sendiri tidak begitu efektif. Terbukti pada babak pertama mereka tidak mampu sekali pun menembak bola ke gawang Benin.
ADVERTISEMENT
Di sisi lain, Benin juga tak mampu melancarkan serangan menggigit. Koulibaly di jantung pertahanan Senegal membuat serangan-serangan Benin mentah begitu saja. Dengan demikian, babak pertama berakhir imbang tanpa gol.
Pada babak kedua situasi tidak jauh berbeda. Senegal masih mendominasi penguasaan bola tetapi kesulitan memberi ancaman berarti. Mereka butuh aksi individual brilian dari Gueye, yang dibantu Mane, untuk akhirnya membobol gawang lawan.
Gueye yang menguasai bola di lapangan tengah melakukan dribel sebelum memberi umpan kepada Mane. Setelah mengumpan, Gueye tak berhenti. Pemain Everton itu terus merangsek masuk ke kotak penalti untuk menerima umpan Mane yang sukses menahan bola. Dari sana, Gueye kemudian mampu menjebol gawang Benin.
Setelah gol terjadi Senegal bak mendapat suntikan energi. Mereka terus menggempur pertahanan Benin, tetapi hasil yang mereka dapat tidak optimal. Memang, dari serangan-serangan itu lahir kartu merah bagi bek Benin, Olivier Verdon, yang melakukan professional foul. Namun, itu pun gagal dimanfaatkan.
ADVERTISEMENT
Akhirnya, satu gol dari Gueye tadi rupanya sudah cukup untuk meloloskan Senegal ke semifinal Piala Afrika. Nantinya mereka akan berhadapan dengan pemenang laga antara Madagaskar dan Tunisia.
Nigeria Sisihkan Afrika Selatan lewat Gol Menit Akhir
Timnas Nigeria lolos ke semifinal Piala Afrika. Foto: Reuters/Amr Abdallah Dalsh
Dari pertandingan lain, Nigeria sukses mengamankan satu tiket semifinal usai menundukkan Afrika Selatan dengan skor 2-1. Di babak semifinal nanti 'Elang Super' bakal bertemu pemenang laga antara Pantai Gading dan Aljazair.
Menghadapi Afrika Selatan,Nigeria sebenarnya cukup kesulitan. Meski punya pemain-pemain sarat pengalaman di Eropa, mereka tak benar-benar mampu memegang kendali laga. Walau begitu, pada menit ke-27 mereka sanggup mencuri gol lewat sensasi muda Villarreal, Samuel Chukwueze.
Memanfaatkan umpan Alex Iwobi, Chukwueze menyambar bola dengan kaki kanannya. Upaya pertama Chukwueze itu gagal karena membentur kaki bek Afsel. Namun, dengan tenang bola muntah berhasil dia kuasai dan ceploskan ke gawang lawan. Gol ini membawa Nigeria unggul 1-0 di babak pertama.
ADVERTISEMENT
Samuel Chukwueze merayakan gol ke gawang Afsel. Foto: Reuters/Sumaya Hisham
Setelahnya Afsel berusaha keras untuk mencari gol penyama kedudukan. Upaya itu berbuah hasil di menit ke-71 lewat aksi Bongani Zungu. Dari situasi sepak pojok, Zungu berhasil menyambar bola dengan kepalanya masuk ke gawang Nigeria yang dikawal oleh Daniel Akpeyi.
Gol tersebut membuat Afsel kian bersemangat, tetapi satu menit jelang waktu normal berakhir mereka malah kebobolan. Adalah blunder kiper Ronwen Williams yang menghadirkan bencana bagi Bafana Bafana. Kegagalannya mengamankan bola membuat William Troost-Ekong dengan leluasa mencetak gol kemenangan Nigeria.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·