kumparan
7 Jul 2019 4:46 WIB

Piala Afrika: Senegal, Nigeria, dan Afrika Selatan Lolos ke 8 Besar

Mohamed Salah bersedih, pemain Afrika Selatan berbahagia. Foto: REUTERS/Amr Abdallah Dalsh
Ajang Piala Afrika 2019 sudah memasuki babak 16 besar. Beberapa tim sudah memastikan tempat di babak 8 besar atau perempat final, seperti Senegal, Nigeria, dan Afrika Selatan.
ADVERTISEMENT
Dalam laga yang berlangsung di Stadion Internasional Kairo, Sabtu (6/7/2019) malam WIB, Senegal berhasil mengalahkan Uganda dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal Sadio Mane pada menit 15 menjadi gol kemenangan Senegal di laga ini.
Pertandingan sebenarnya berjalan seimbang. Menilik persentase penguasaan bola, Senegal tidak terlalu dominan atas Uganda (52% berbanding 48%). Bahkan, dari segi tembakan yang dilepaskan, Senegal kalah dari Uganda. Mereka hanya mampu melepas 3 tembakan, berbanding dengan Uganda yang melepas 6 tembakan.
Meski berjalan seimbang, ada satu hal yang membedakan Senegal dan Uganda di laga ini, yakni kemampuan dalam melepaskan serangan. Walau banyak mengandalkan skema serangan balik dan kalah dari segi jumlah tembakan, Senegal mampu menyerang dengan efektif. Alhasil, gol pun berhasil mereka curi di laga ini.
ADVERTISEMENT
Senegal sejatinya mampu unggul dua angka di laga ini. Namun, sepakan penalti Mane pada menit 61 mampu digagalkan oleh penjaga gawang Uganda, Denis Onyango.
Sementara itu, di pertandingan lain Nigeria berhasil menundukkan Kamerun dengan skor tipis 3-2. Odion Ighalo jadi pahlawan kemenangan Nigeria di laga ini lewat dua gol yang ia cetak. Alex Iwobi (Nigeria) serta Stephane Bahoken dan Clinton N'Jie (Kamerun) jadi pemain lain yang sukses mencetak gol di laga ini.
Serupa dengan laga Senegal lawan Uganda, duel ini pun berlangsung ketat. Baik itu Nigeria maupun Kamerun berusaha keras mengunci kemenangan, Persentase penguasaan bola yang mencapai angka 59% (Kamerun) berbanding 41% (Nigeria), serta jumlah tembakan 12 (Nigeria) berbanding 9 (Kamerun), menjadi buktinya.
ADVERTISEMENT
Namun, Nigeria yang bermain efektif serta memiliki semangat juang tinggi sukses keluar sebagai pemenang. Sempat tertinggal 1-2 sampai sekira menit 62, Nigeria mampu menyengat balik di sisa 28 menit akhir babak kedua. Gol kedua Ighalo, ditambah oleh gol Iwobi, sukses membawa Nigeria berbalik menang.
Duel seru lain terjadi ketika tuan rumah Mesir bersua Afrika Selatan. Gol tunggal dari Thimbenkosi Lorch pada menit 85 berhasil memecah kebuntuan, sekaligus membawa Afrika Selatan pada kemenangan.
Pertandingan kedua tim berlangsung seru. Sebagai tuan rumah, Mesir mengambil inisiatif laga. Penguasaan bola mereka pun lebih banyak dibandingkan Afrika Selatan, yakni 60% berbanding 40%.
Namun, dari segi peluang yang tercipta, Afrika Selatan justru lebih unggul. Mereka mampu mencatatkan 11 tembakan, berbanding 8 tembakan yang dilepaskan oleh Mesir. Efektivitas dalam bermain-lah yang jadi keunggulan Afrika Selatan atas Mesir di laga ini.
ADVERTISEMENT
Tim lain yang berhasil membukukan kemenangan di babak 16 besar ini adalah Benin. Menghadapi Maroko, Benin berhasil menyulitkan Maroko. Mereka sempat menahan imbang Maroko hingga babak kedua perpanjangan waktu.
Di babak adu penalti, barulah Benin menyengat. Mereka akhirnya mampu menundukkan Maroko dengan skor 4-1. Benin menyusul Nigeria, Senegal, dan Afrika Selatan lolos ke babak perempat final.
Babak 16 besar Piala Afrika 2019 akan berlanjut pada Minggu (7/7). Masih ada Ghana, Tunisia, Madagaskar, Pantai Gading, serta Aljazair yang akan bertanding.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·