Pencarian populer

Piala Afrika: Tumbangkan Tunisia, Nigeria Rebut Tempat Ketiga

Nigeria vs Tunisia Foto: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany
Nigeria berhasil menempati peringkat tiga Piala Afrika 2019. Bertanding menghadapi Tunisia, Kamis (18/7/2019) dini hari WIB, Nigeria menang dengan skor 1-0.
ADVERTISEMENT
Gol tunggal Nigeria pada laga yang digelar di Al Salam Stadium diciptakan oleh Odion Ighalo di menit ketiga.
***
Kendati hanya perebutan tempat ketiga, Tunisia dan Nigeria tetap memainkan pemain-pemain terbaiknya. Sebelumnya, Tunisia gagal lolos ke final usai kalah dari Senegal. Sementara, Nigeria dikalahkan oleh Aljazair dengan skor 2-1.
Pada laga ini, Nigeria tampil dengan pola 4-3-3. Odion Ighalo, Ahmed Musa, dan Samuel Chukwueze di lini serang. Lalu, Alex Iwobi menjadi kreator serangan Nigeria.
Adapun Tunisia juga turun dengan pola yang serupa. Wahbi Khazri, Anice Badri, dan Taha Yassine menjadi trio di depan.
Nigeria langsung menekan Tunisia sejak menit awal. Strategi pressing yang diterapkan anak asuh Gernot Rohr berbuah hasil pada menit ketiga.
ADVERTISEMENT
Kesalahan bek Tunisia, Yassine Meriah, dalam menyapu bola membuat Ighalo dapat memanfaatkannya. Dengan sekali sentuhan, eks pemain Watford ini berhasil membuat Nigeria unggul.
Kebobolan gol cepat tak membuat Tunisia panik dan hancur. Mereka coba bangkit sesekali untuk bisa menyamakan kedudukan. Sayang, usaha yang dilakukan seperti Ferjani Sassi, Ellyes Skhiri, dan Wahbi Khazri tak ada yang bisa menjadi gol.
Di babak pertama, Tunisia unggul dalam penguasaan bola. Anak asuh Alain Giresse menguasai 51 persen penguasaan bola. Kemudian, ada lima usaha yang dilakukan Tunisia namun tak ada yang berbuah hasil.
Sementara, Nigeria tak terlalu banyak membuat serangan. Sialnya, Super Elang harus kehilangan Ighalo di akhir babak pertama karena cedera.
Di babak kedua, kedua tim silih berganti menyerang sejak awal. Tunisia memiliki peluang melalui Firas Chaouat namun usahanya masih melebar. Lalu, Nigeria memiliki peluang melalui kaki Oghenekaro Etebo. Sayang, tendangan jarak jauh pemain bernomor punggung delapan itu masih bisa ditepis penjaga gawang Tunisia.
ADVERTISEMENT
Di pengujung laga, Nigeria memiliki beberapa peluang. Salah satunya melalui tendangan bebas Moses Simon. Namun, Moez Cherifia masih bisa menepis tendangan tersebut.
Tak ada lagi gol yang bisa dilakukan kedua kesebelasan di babak kedua. Nigeria pun menang dengan skor tipis 1-0.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86