Pencarian populer

Piala Asia: Australia dan Yordania Melangkah ke Babak 16 Besar

Timnas Australia melangkah ke babak 16 besar Piala Asia 2019. (Foto: REUTERS/Thaier Al-Sudani)

Tim Nasional (Timnas) Australia berhasil menyegel satu tiket ke babak 16 besar Piala Asia 2019. Kepastian ini didapatkan usai tim berjuluk ‎Socceroos tersebut mengalahkan Suriah dengan skor 3-2 pada laga pemungkas Grup B di Khalifa Bin Zayed Stadium, Selasa (15/1/2019) malam WIB.

Di laga ini, penjaga gawang Mathew Ryan yang merumput bersama Brighton & Hove Albion di Premier League, kembali diturunkan oleh pelatih Graham Arnold. Dalam balutan formasi 4-2-3-1, Tom Rogic, Christopher Ikonomidis, Awer Mabil, dipasang untuk menopang Jamie Maclaren yang menjadi penyerang tunggal.

Kendati begitu, bukan berarti Australia bisa dengan mudah mengalahkan Suriah. Dalam 15 menit pertama, Suriah justru bisa memberi tekanan. Tercatat ada dua percobaan off target dari Omar Khrbin dan Omar Al Soma, sedangkan Australia nirpeluang.

Memasuki menit 30-an, Australia baru bisa mengancam pertahanan Suriah dan ditandai tendangan Ikonomidis yang ditepis kiper, semenit berselang giliran Maclaren yang melepas dua percobaan yang kembali dimentahkan kiper Suriah, Ibrahim Alma.

Akhirnya, di menit 41 Australia membuka keunggulan lewat sepakan Mabil. Namun, Suriah berhasil membalas dua menit berselang via Khribin, sekaligus menutup babak pertama dengan hasil imbang 1-1. Akan tetapi, Australia kembali unggul di babak kedua melalui tendangan kaki kiri Ikonomidis di menit 54.

Ketika laga menyisakan 10 menit, Suriah mampu menyamakan kedudukan lewat eksekusi penalti Al Soma. Saat pertandingan dirasa bakal berakhir imbang, Australia berhasil memastikan diri meraih tiga poin di menit ketiga injury time. Adalah Rogic yang jadi sosok protagonis usai lesakan kaki kirinya sukses merobek jala gawang Suriah.

Dengan kemenangan ini, Australia menempati posisi kedua klasemen akhir Grup B dengan koleksi 6 poin. Sementara Suriah, harus mengubur impian lolos ke fase gugur karena hanya menjadi juru kunci dengan raihan 1 angka.

Timnas Yordania melawan Timnas Palestina di laga pemungkas Grup B Piala Asia 2019. (Foto: REUTERS/Suhaib Salem)

Tahan Imbang Palestina, Yordania Juara Grup

Pada laga terakhir Grup B lainnya, Yordania berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2019 dengan menyandang status juara grup. Hal ini dipastikan usai tim berjuluk Al-Nashama itu menahan imbang Palestina 0-0 di Mohammad Bin Zayed Stadium.

Tambahan satu poin sudah cukup membuat Yordania kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 7 poin, sementara Palestina menempati peringkat ketiga dengan 2 angka. Bagi Palestina, kans mereka untuk lolos ke fase selanjutnya masih terbuka melalui jalur peringkat ketiga terbaik.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: