Pencarian populer

Piala Asia: Irak 'Comeback', Arab Saudi Menang Telak

Para pemain Irak rayakan gol menit akhir Ali Adnan. (Foto: Khaled DESOUKI / AFP)

Timnas Vietnam mampu memberikan perlawanan sengit ketika menghadapi Timnas Irak dalam laga perdana Grup D Piala Asia 2019 yang dihelat di Zayed Sports City Stadium, Selasa (8/1/2019) dini hari WIB. Meski begitu, pada akhirnya Vietnam keok dengan skor tipis 2-3.

Dengan kemenangan ini, Irak memiliki perolehan poin yang sama dengan Iran di Grup D, yakni 3 poin. Namun, karena kalah dalam urusan selisih gol, Irak harus berada di posisi kedua.

Vietnam menguasai jalannya pertandingan pada babak pertama. Mereka bahkan mampu mencetak gol ketika laga baru berjalan 24 menit. Prosesnya bermula dari umpan terobosan yang dilancarkan Nguyen Phong Hoy Duy dari tengah lapangan kepada Nguyen Cong Phu’o’ng.

Di kotak penalti, Ali Faez berusaha menjauhkan bola dari kaki Nguyen Cong. Namun, aksi tersebut malah membuat bola masuk ke gawang Irak. Untungnya bagi Irak, mereka bisa menyamakan kedudukan 1-1 sebelas menit kemudian. Memanfaatkan blunder yang dilakukan Do Duy Manh, Mohamad Ali bisa melancarkan tembakan berujung gol dengan leluasa.

Di akhir babak pertama, hal menarik terjadi. Dari luar kotak penalti, Nguyen Trong Hoang melewati tiga pemain Irak dengan leluasa. Tembakan Nguyen Trong memang mampu ditepis kiper Jalal Hasan, tetapi Nguyen Cong mampu mengonversikan bola muntahannya menjadi gol.

Setelah tertinggal 1-2 pada babak pertama, Irak meningkatkan intensitas serangan pada babak kedua. Pada 10 menit awal babak kedua, Vietnam terlihat mampu menahan gempuran tim berjuluk Usood Al-Rafidain itu.

Namun, pertahanan kokoh Vietnam ubuh juga ketika laga telah berjalan 60 menit. Memanfaatkan kekacauan yang dicipakan Ali usai menyundul bola di kotak penalti Vietnam, Humam Tariq mampu mencetak gol. Setelah gol tersebut, Irak betul-betul mendominasi jalannya pertandingan.

Kemudian melalui eksekusi tendangan bebas Ali Adnan di menit ke-90, Irak menyegel kemenangan 3-2 atas Vietnam. Usai gol itu tercipta, Ali Adnan disambut bak pahlawan oleh rekan-rekannya dan para penyokong Irak.

Pesta Empat Gol Arab Saudi ke Gawang Korea Utara

Pemain-pemain Arab Saudi (kiri) rayakan kemenangan atas Korea Utara. (Foto: Karim Sahib / AFP)

Jika Irak kesulitan, lain ceritanya dengan Arab Saudi. Menghadapi Korea Utara (Korut) di Maktoum Bin Rashid Al-Maktoum Stadium, tim berjuluk Al-Akhdar itu memenangi laga dengan skor mencolok 4-0.

Terlihat jelas Korut bukan lawan sepadan Arab Saudi. Korut hanya mampu menguasai 26% penguasaan bola dan karena itu mereka sangat jarang menyerang. Situasi menjadi buruk karena Kwang Son-han mendapatkan kartu merah di akhir babak pertama.

Buruknya permainan Korut merupakan berkah bagi Arab Saudi. Mereka melancarkan total 16 tembakan selama 90 menit. Dua di antaranya berujung gol pada babak pertama. Gol pertama tepatnya terjadi pada menit ke-28. Usai menerima umpan dari Abdulaziz Al-Bishi, Hattan Bahebri melancarkan tembakan keras berujung gol dari pinggir kiri lapangan.

Pada menit ke-37, Arab Saudi kembali mencetak gol melalui tendangan jarak jauh. Bedanya, kali ini Mohammed Al-Fatil mencetak gol dalam skema tendangan bebas. Gol ketiga Arab muncul pada menit ke-70. Usai menerima umpan dari Al-Bishi, Salem Al-Dawsari melakukan aksi dribel dari pinggir kanan lapangan ke kotak penalti lawan.

Meski telah dikepung hampir seluruh pemain Korut, pada akhirnya tidak ada yang bisa mencegah Al-Dawsari mencetak gol. Di akhir laga, Fahad Al-Muwallad mampu mencetak gol usai Kim Song-gi melakukan blunder tak jauh dari kotak penalti Korut. Dengan hasil ini, Arab berada di puncak klasemen Grup E dengan perolehan 3 poin.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: