Pencarian populer

Piala Asia: Jepang dan Australia Sukses Melaju ke Perempat Final

Para pemain Jepang merayakan kemenangan. (Foto: REUTERS/Thaier Al-Sudani)

Laga 16 besar Piala Asia 2019 kembali berlanjut pada Senin (21/1/2019). Beberapa tim seperti Timnas Jepang, Timnas Australia, dan tuan rumah Uni Emirat Arab ambil bagian di pertandingan kali ini.

Berlaga di Stadion Sharjah, Jepang berhasil menaklukkan Arab Saudi dengan skor tipis 1-0. Gol yang dicetak oleh Takehiro Tomiyasu lahir dari skema bola mati pada menit 20.

Sepanjang pertandingan, sebenarnya Arab Saudi tampil lebih dominan dibandingkan Jepang. Persentase penguasaan bola mereka yang mencapai angka 72% (berbanding 28% milik Jepang) serta total tembakan yang mencapai angka 9 (berbanding 5 tembakan milik Jepang), menjadi cermin dari dominasi Arab atas 'Samurai Biru'.

Namun, kembali lewat permainan efektif seperti ketika mereka mengalahkan Uzbekistan di fase grup, Jepang membuat Arab Saudi kesulitan. Selain itu, pertahanan rapat yang mereka terapkan membuat para pemain depan Arab Saudi, salah satunya adalah Fahad Al-Muwallad, kesulitan membobol gawang Jepang yang dikawal Shuichi Gonda.

Di babak perempat final nanti, Jepang akan berhadapan dengan Vietnam yang sukses mengalahkan Yordania di babak 16 besar. Pertemuan keduanya akan berjalan menarik, mengingat gaya main Vietnam yang cepat akan beradu dengan taktisnya permainan Jepang.

Dalam pertandingan lain di Stadion Khalifa bin Zayed, Australia harus susah payah menundukkan Uzbekistan lewat babak adu penalti. Menilik jalannya laga, Australia sebenarnya unggul dalam segala aspek, baik itu dari segi penguasaan bola (58% berbanding 42%) maupun dari segi tembakan yang dilepaskan (15 berbanding 4).

Namun, penyelesaian akhir yang tidak klinis membuat Australia gagal mencetak gol sepanjang 120 menit laga. Lini pertahanan Uzbekistan yang rapat juga perlu diapresiasi dalam mengadang lini serang Australia. Meski sudah menurunkan nama-nama seperti Robbie Kruse maupun Massimo Luongo, Australia tetap kesulitan membobol pertahanan Uzbekistan.

Baru pada laga adu penalti, Australia menunjukkan kekuatan mereka. Dari lima penendang penalti, hanya satu eksekutor yang gagal, yaitu Aziz Behich. Sedangkan dari Uzbekistan, cuma Ikrom Alibaev dan Otabek Shukurov yang berhasil mengeksekusi penalti. Skor 4-2 membawa Australia ke perempat final Piala Asia 2019.

Di Stadion Zayed Sports City, laga seru terjadi antara tuan rumah Uni Emirat Arab dan Kyrgyztan. UAE sebenarnya sempat unggul 2-1 sampai sekitar menit 90, lewat dua gol yang dicetak oleh Khamis Esmail dan Ali Ahmed Mabkhout. Kyrgyztan hanya membalas lewat torehan Mirlan Murzaev.

Namun pada menit 90, Kyrgyztan menghidupkan asa usai mencetak gol penyama kedudukan lewat Tursunali Rustamov. Skor 2-2 yang menandai akhir 2x45 menit membuat pertandingan harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Di sinilah Kyrgyztan sedikit tergelincir. Pada menit 103, bek Kyrgyztan, Bekzhan Sagynbaev, melakukan kesalahan dengan menjatuhkan Mabkhout.

UAE pun mendapatkan hadiah penalti yang dieksekusi dengan baik oleh Ahmed Khalil. Skor berubah 3-2, membawa UAE lolos ke babak perempat final menghadapi Australia, yang di laga 16 besar lain sukses menggulung Uzbekistan.

Babak 16 besar Piala Asia 2019 ini belum usai. Pada Selasa (22/1) Korea Selatan, Bahrain, Qatar, dan Irak akan saling memperebutkan dua tiket babak perempat final yang masih tersisa. Siapakah yang akan lolos dan menyusul Jepang, Australia, Iran, Vietnam, UEA, dan China di perempat final nanti?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: