kumparan
26 Jan 2019 3:09 WIB

Piala Asia: Qatar dan UEA Tembus Semifinal

Selebrasi pemain Qatar seusai menang atas Korea Selatan. (Foto: Dok. AFC)
Buruknya penyelesaian akhir Timnas Australia menjadi salah satu faktor keberhasilan Uni Emirat Arab (UEA) menjejak babak semifinal Piala Asia 2019. Berlaga di Stadion Hazza Bin Zayed, Jumat (25/1/2019) malam WIB, UEA menang tipis dengan skor 1-0.
ADVERTISEMENT
Gol kemenangan The Falcons lahir dari kaki Ali Mabkhout pada menit 68. Prosesnya berawal dari umpan nanggung bek Australia, M.Degenek. Pemilik nama terakhir berniat menyodorkan operan mendatar kepada kiper. Akan tetapi, laju bola pelan. Alhasil, Mabkhout mampu mengejar dan menyarangkan bola ke dalam gawang.
Dalam laga tersebut, Australia sebenarnya tampil dominan. Pasukan Graham Arnold itu menguasai 64% permainan dan melepaskan 22 percobaan, tetapi cuma 2 yang tepat sasaran. Sedangkan, UEA menampilkan permainan efektif. Dari 7 upaya, lahir 2 shots on target dan 1 di antaranya bersarang ke gawang Australia. Karena kekalahan tersebut, Australia gagal mempertahankan gelar juara.
Berangkat dari statistik pertandingan tersebut, Australia mempunyai problem menyoal penyelesaian akhir. Masalah yang sudah tampak pada matchday pertama fase grup. Saat itu, Australia keok 0-1 dari Jordania. Padahal, Socceroos banjir peluang dengan 19 percobaan.
ADVERTISEMENT
Selebrasi gol pemain UEA saat berhadapan dengan Australia. (Foto: Dok. AFC)
Paling mengejutkan adalah hasil yang dialami Korea Selatan (Korsel). Menghadapi Qatar pada babak perempat final, Jumat (25/1) malam WIB, Son Heung-min dan kolega tumbang dengan skor 0-1. Abdelaziz Hatim menjadi protagonis UEA berkat gol yang ia lesakkan pada menit 78.
Pada laga yang berlangsung di Stadion Syekh Zayed itu, Korea Selatan dapat memegang kendali permainan dengan mencatatkan 61% penguasaan bola. Namun, pertahanan Qatar yang begitu rapat dan kokoh menjadi problem.
The Maroon memakai pola 5-3-2. Ketika mode bertahan, pelatih Djamel Belmadi menginstruksikan kepada tiga gelandang untuk bermain lebih ke dalam. Dengan menumpuk banyak pemain di pertahanan, UEA berhasil mempersempit ruang gerak lawan dan menutup ruang tembak di sekitar kotak penalti. Tak heran apabila Korsel cuma merangkum 2 tembakan tepat sasaran (berbanding 4 milik UEA).
ADVERTISEMENT
Dengan begitu, sudah diketahui empat tim yang bakal berlaga di babak semifinal Piala Asia 2019. Laga semifinal pertama akan mempertemukan Iran dengan Jepang di Stadion Hazza Bin Zayed pada Senin (28/1) malam WIB. Selang satu hari, Qatar bakal bersua UEA di Stadion Mohammed Bin Zayed.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan