kumparan
15 Jan 2019 2:22 WIB

Piala Asia: Tahan Imbang UEA, Thailand Raih Tiket ke Babak 16 Besar

Thailand vs Uni Emirat Arab. (Foto: REUTERS/Suhaib Salem)
Thailand berhasil menyegel satu tiket ke babak 16 besar Piala Asia 2019 usai sukses menahan imbang 1-1 tuan rumah Uni Emirat Arab (UEA) pada laga ketiga Grup A, Senin (14/1/2019) malam WIB.
ADVERTISEMENT
Pada pertandingan yang berlangsung di Hazza Bin Zayed Stadium tersebut, UEA sebetulnya berhasil unggul lebih dulu lewat gol Ali Ahmed Mabkhout di menit tujuh. Akan tetapi, Thailand kemudian sukses menyamakan kedudukan empat menit jelang turun minum via sontekan Thitipan Puangchan.
Jika menilik statistik, UEA sebetulnya menguasai jalannya pertandingan. Hal itu tertuang lewat penguasaan bola mereka yang menyentuh persentase sebesar 66% serta melepas 9 percobaan--mengungguli Thailand yang cuma mengemas 5 tembakan.
Namun, skuat 'Gajah Perang' berhasil menahan gempuran UEA. Kiper Thailand, Siwarak Tedsungnoen, menjadi pahlawan selain Puangchan yang mencetak gol penyama kedudukan. Tedsungnoen sendiri sukses melakukan beberapa penyelamatan gemilang, termasuk kala menepis sepakan Ismail Matar di masa injury time.
ADVERTISEMENT
Dengan hasil imbang ini, UEA lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2019 dengan menyandang status sebagai juara Grup A dengan koleksi 5 poin, sedangkan Thailand menempati posisi kedua dengan 4 poin. Raihan Thailand sebetulnya sama dengan Bahrain, tetapi mereka unggul head to head dari pasukan Miroslav Soukup tersebut.
Bagi Thailand, keberhasilan lolos ke babak gugur Piala Asia ini menjadi yang perdana sejak edisi 1972 silam. Sejauh ini mereka juga menjadi negara Asia Tenggara pertama yang sudah mendapatkan satu slot di babak 16 besar.
Bahrain vs India. (Foto: AFC)
Menang Dramatis atas India, Bahrain Buka Kans Lolos ke 16 Besar
Hasil imbang yang diraih Thailand nyatanya memberi keuntungan buat Bahrain. Pasalnya, di waktu yang bersamaan mereka berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 atas India pada laga pemungkas Grup A di Sharjah Stadium. Adalah Jamal Rashid yang jadi aktor kemenangan Bahrain lewat gol penalti yang dibuatnya di masa injury time.
ADVERTISEMENT
Bahrain, yang finis di peringkat ketiga klasemen Grup A, masih memiliki peluang untuk menyusul UEA dan Thailand ke fase 16 besar melalui jalur peringkat ketiga terbaik. Sebaliknya, India harus mengubur asa lolos ke babak selanjutnya karena hanya menjadi juru kunci klasemen dengan koleksi 3 poin.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·