kumparan
9 Mei 2018 18:07 WIB

Piala Dunia 2018: Manuel Neuer Belum Yakin Bisa Kembali

Neuer pada sebuah laga di Liga Champions. (Foto: Michaela Rehle/Reuters)
Manuel Neuer adalah sosok penting di bawah mistar gawang Tim Nasional (Timnas) Jerman. Namun, di ajang Piala Dunia 2018 nanti, Neuer belum tentu tampil.
ADVERTISEMENT
Sejak 19 September 2017, Neuer sudah tidak membela Bayern Muenchen dan Timnas Jerman dalam beberapa laga kompetitif maupun laga uji tanding. Pangkal dari absennya penjaga gawang yang kini berusia 32 tahun ini adalah cedera metatarsal yang menimpanya.
Dalam sebuah sesi latihan di pertengahan September 2017, Neuer harus meninggalkan sesi latihan lebih cepat dari rekan-rekannya yang lain. Setelah diperiksa oleh tim dokter Bayern, tulang metatarsal di kaki kiri Neuer patah. Dia diperkirakan harus menepi sampai Januari 2018.
Saat itu, kabar ini menjadi sesuatu yang mengejutkan, kareena Neuer baru saja pulih dari cedera yang sama (metatarsal) yang dia alami dalam babak perempat final Liga Champions musim 2016/2017 menghadapi Real Madrid. Cedera itu membuatnya harus menepi dari April hingga Agustus 2017.
ADVERTISEMENT
Setelah menjalani operasi, ternyata hal buruk kembali menimpa Neuer. Waktu pemulihan cederanya molor. Januari 2018, dia masih belum masuk skuat Bayern dan Timnas Jerman. Neuer masih butuh waktu untuk memulihkan kondisinya. Dia pun masih harus menepi.
Awal April 2018, Neuer sudah mulai berlatih menangkap bola di tempat latihan Bayern, tapi belum berlatih penuh bersama rekan satu timnya yang lain. Baru pada awal Mei 2018, Neuer sudah mulai berlatih bersama dengan para penggawa Bayern yang lain. Hal ini sempat memberikan sebuah angin segar, baik bagi Bayern maupun bagi Timnas Jerman.
Meski sudah kembali berlatih, ternyata harapan main Neuer masih samar. Jupp Heynckes, pelatih Bayern, mengungkapkan bahwa dia tidak akan memainkan Neuer dalam dua partai sisa yang akan dilakoni Die Roten pada musim ini, yaitu pada laga terakhir Bundesliga musim 2017/2018 menghadapi Stuttgart dan laga final DFB Pokal menghadapi Eintracht Frankfurt.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Neuer juga belum bisa menjamin apakah dia bisa secepatnya kembali bermain. Yang dia tahu, saat ini, dia harus segera memulihkan kondisinya pasca absen bermain dalam waktu yang lama. Menjalani sesi latihan adalah rutinitasnya sekarang.
"Saya merasa kondisi saya bagus, dan saya sudah mulai ikut berlatih. Tapi saya belum tahu, apakah saya akan segera bermain, baik itu untuk Bayern maupun (Timnas) Jerman. Saya rasa, tak perlu buru-buru untuk situasi ini," ujar Neuer dalam situs resmi Bundesliga.
"Saya ingin menjadi lebih baik dari hari ke hari. Apa yang sudah saya lakukan saat ini sudah benar, dan saya ingin terus melakukannya. Sulit juga jika saya bermain di turnamen besar tanpa pernah bermain di pertandingan kompetitif sebelumnya," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Menyoal Neuer yang belum tentu akan bermain di sisa laga kompetisi musim 2017/2018 bersama Bayern, hal tersebut dibenarkan oleh Oliver Schmidtlein, mantan fisioterapis Bayern dan Timnas Jerman. Malah, dia juga memprediksi Neuer belum tentu bisa main pada babak grup Piala Dunia 2018.
"Saya rasa, paling cepat Neuer baru bisa bermain dalam fase gugur Piala Dunia 2018. Manuel (Neuer) belum bisa main, karena jika dia melakukannya, itu akan kembali memperlambat masa pemulihannya," katanya.
Sulit memang membayangkan Neuer tidak ikut ambil bagian di Piala Dunia 2018. Pada 2014 silam, dia menjadi bagian dari Timnas Jerman yang sukses merengkuh gelar Piala Dunia. Ketiadaannya di Timnas Jerman pada ajang Piala Dunia 2018 nanti akan sedikit meninggalkan lubang di posisi penjaga gawang.
ADVERTISEMENT
Namun, setidaknya, dengan adanya nama-nama seperti Marc-Andre ter Stegen, Bernd Leno, dan Kevin Trapp, Jerman tidak perlu khawatir soal penjaga gawang. Apalagi, Ter Stegen sekarang sudah semakin matang bersama Barcelona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan